Menkominfo Imbau Netizen Bijak Sebarkan Informasi soal Virus Corona

Kompas.com - 29/01/2020, 11:21 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam konferensi persi di Gedung Kementerian Kominfo, Selasa (28/1/2020). KOMPAS.com/ GITO YUDHA PRATOMOMenteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam konferensi persi di Gedung Kementerian Kominfo, Selasa (28/1/2020).

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate meminta masyarakat bijak dalam menyebarkan informasi mengenai virus corona.

"Ini murni masalah kesehatan dan karena itu mengaculah kepada referensi utamanya, yang disampaikan oleh institusi resmi," kata Johnny, sebagaimana dikutip Antara, Rabu (29/1/2020).

Apalagi, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menyebarkan informasi mengenai gejala penyakit tersebut apabila tertular ke manusia.

Baca juga: Terobosan Signifikan, Ahli Duplikat Virus Corona untuk Tangani Wabah

Meskipun tak menyebut jumlah, Kemenkominfo mendeteksi adanya penyebaran informasi hoaks maupun disinformasi tentang virus corona di media sosial oleh netizen.

Terhadap hal itu, Johnny meminta pengguna media sosial tak sembarangan mengait-ngaitkan berbagai bidang dengan wabah virus corona.

Johnny sekaligus menegaskan bahwa hingga saat ini virus itu belum terdeteksi menyebar di Indonesia.

Di Malaysia, Komite Komunikasi dan Multimedia Malaysia (MCMC) bekerjasama dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM) menahan seorang netizen pelaku yang diduga menyebarkan berita palsu soal penularan wabah virus corona.

Baca juga: Kemenkes Klaim Virus Corona Belum Menyebar di Indonesia

Pelaku yang berjenis kelamin laki-laki berusia 34 tahun itu ditangkap di kediamannya di Bangi, Selangor, 28 Januari 2020 pukul 16.00 waktu setempat.

Pelaku disangka Pasal 233 Undang-Undang Komunikasi dan Multimedia (AKM) 1998.

Ancaman hukumannya, yakni denda maksimum 50.000 Ringgit Malaysia atau kurungan penjara maksimal satu tahun.

Halaman:


Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X