Tambah Durasi Rapim, Panglima TNI Ingin Bahas 3 Badan Baru

Kompas.com - 29/01/2020, 09:50 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/1/2020). KOMPAS.com/ACHMAD NASRUDIN YAHYAPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Pimpinan (Rapim) TNI tahun 2020 diagendakan akan membahas prosedur dan mekanisme kerja tiga Badan pelaksana Pusat baru TNI.

Ketiga Badan Pelaksana Pusat itu adalah Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan), Pusat Informasi Maritim (Pusinfomar), dan Komando Operasi Khusus (Koopssus).

"Biasanya Rapim selesai kurang lebih jam 19.00 WIB. Untuk kali ini kita tambah porsinya dengan menambah satu gladi terkait dengan organisasi baru, sesuai dengan PP 66 yaitu terkait dengan Kogabwilhan, kemudian Pusat Informasi Maritim dan Koopsus TNI," ujar Hadi usai membuka Rapim TN di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/1/2020).

Baca juga: 7 Poin Sinergi TNI-Polri, Ini Isinya...

Hadi menjelaskan, penambahan durasi waktu tersebut guna membahas prosedur mekanisme kerja organisasi baru tersebut.

Dengan begitu, kata Hadi, hasil pembahasan tersebut dapat tersosialisasi kepada seluruh Perwira, termasuk ke seluruh jajaran TNI.

"Sehingga implementasi dari PP 66 ini nanti akan diketahui dan dipahami oleh seluruh Perwira," kata Hadi.

Adapun Kogabwilahan diresmikan pada 27 September 2019. Terdapat tiga pimpinan yang mengomandoi Kogabwilhan.

Yakni Pangkogabwilhan I, Laksda Yudo Margono, Pangkogabwilhan II Marsda Fadjar Prasetyo, dan Pangkogabwilhan III Mayjen Ganip Warsito.

Kemudian Koopssus TNI diresmikan pada 30 Juli 2019 oleh Marsekal Hadi. Brigjen TNI Rochadi didapuk menjadi Komandan Koopssus TNI.

Koopssus TNI sendiri beranggotakan sejumlah prajurit TNI yang sebelumnya tergabung dalam satuan elite di tiap matra TNI yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Sedangkan Pusinfomar diresmikan pada 6 Januari 2020. Saat peresmian, Marsekal Hadi juga melantik Kepala Pusinfomar TNI Letkol Laut (P) Andi Abdul Azis.

Baca juga: TNI Gelar Rapat Pimpinan, Rumuskan Kebijakan Strategis

Diberitakan sebelumnya, dalam pembukaan Rapim TNI Tahun 2020, Panglima TNI didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma.

Kemudian Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dan Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman.

Adapun peserta rapim dihadiri 269 peserta yang terdiri dari 4 pimpinan TNI, 58 pejabat Mabes TNI, 44 TNI AD, 42 TNI AL, 28 TNI AU, dan 78 pejabat non struktural TNI.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X