Wabah Virus Corona, Menkes: Kalau Imunitas Tubuh Kita Baik, Enggak Usah Takut

Kompas.com - 28/01/2020, 12:03 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto usai mengunjungi Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor KemenkopolhukamKemenkopolhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariMenteri Kesehatan Terawan Agus Putranto usai mengunjungi Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor KemenkopolhukamKemenkopolhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan ( Menkes) Terawan Agus Putranto meminta masyarakat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Ia menyebutkan, imunitas tubuh menjadi kunci untuk melawan segala jenis virus. Jika imunitas tubuh tinggi, tubuh tak akan rentan terserang virus.

Sebaliknya, imunitas tubuh yang rendah memudahkan virus untuk masuk ke dalam tubuh.

"Virus lawannya hanya imunitas. Kalau imunitas tubuh kita baik, enggak usah takut sama virus," kata Terawan saat memberikan sambutan di peringatan Hari Gizi Nasional di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020).

Baca juga: RSUP HAM Medan: 1 Pasien Suspek Virus Corona Dinyatakan Negatif

Menurut Terawan, imunitas tubuh bisa diperoleh dari pemenuhan gizi yang seimbang. Tidak hanya itu, penerapan gaya hidup sehat juga menjadi persoalan penting.

Selain istirahat yang cukup, Terawan mengingatkan masyarakat untuk berolahraga secara teratur.

Olahraga, kata dia, tidak perlu yang berat-berat, yang penting tubuh tetap bergerak.

Baca juga: Tips Cegah Virus Corona dari Dekan FK UNS, 80 Persen Pasien Sembuh Sendiri

"Olahraga bukan hanya olahraga fisik, tapi olahraga pikiran dan hati kita. Dengan kita berdoa, bersembahyang, kita terus mengaji dan juga membaca hal-hal yang baik itu sama dengan menyehatkan otak, batin kita," ujar Terawan.

Jika gaya hidup sehat dan makan makanan bergizi seimbang sudah diterapkan, niscaya imunitas tubuh terbentuk dan virus tak akan menjangkit.

"Biar saja berkembang isu apa saja, tetapi yang paling penting kita jaga imunitas tubuh kita dengan hidup sehat," kata Terawan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X