Virus Corona Menyebar, Pemerintah Diminta Siapkan Protokol Penyelamatan WNI di China

Kompas.com - 27/01/2020, 05:15 WIB
Ilustrasi Virus Corona Stocktrek Images/Getty ImagesIlustrasi Virus Corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi meminta pemerintah segera menyiapkan protokol penyelamatan WNI di Cina dan Hong Kong.

Sebabnya, saat ini virus corona telah menyebar secara masif di China hingga menyebabkan 1.975 kasus di seluruh daratan China dan tercatat sekitar 56 orang meninggal dunia.

“Melihat situasi saat ini, Kemenlu dan KJRI harus gerak cepat. Siapkan protokol penyelamatan WNI di China dan Hong Kong,” kata Bobby melalui keterangan tertulis, Minggu (26/1/2020).

Baca juga: Virus Corona Renggut Nyawa 56 Orang, AS dan Jepang Berencana Evakuasi Warganya dari Wuhan

Ia menyampaikan, hal ini penting dilakukan agar penyebaran virus itu dapat dicegah dan ditekan.

Ia mengatakan, negara lain seperti Amerika Serikat (AS) Bahkan telah menyewa pesawat untuk mengevakuasi diplomat dan warganya dari China.

“Kemenlu maupun KJRI di Hong Kong bisa melakukaan langkah yang sama dengan Amerika, termasuk membuat fasilitas karantina sementara di area KBRI dan KJRI mengingat situasi yang sulit diprediksi atas penyebaran virus tersebut,” lanjut dia.

Virus corona Wuhan atau corona virus baru n-CoV 2019 meluas dengan begitu cepat.

Tak lama setelah kasus tersebut terkonfirmasi ditemukan di Wuhan, China, beberapa negara lain melaporkan kejadian serupa.

Virus yang masih satu keluarga dengan virus penyebab flu hingga MERS dan SARS ini bisa menyebabkan kematian.

Baca juga: Tidak Benar, Isu yang Menyebut WN China di Surabaya Terjangkit Virus Corona

Melalui unggahan @safetravel.kemlu, salah satu akun resmi milik Kementerian Luar Negeri RI, tanggal 25 Januari 2020, imbauan disampaikan untuk meningkatkan kewaspadaan bagi WNI yang berada atau berencana mengunjungi Hong Kong dan negara-negara yang telah terdampak.

Selain itu, diimbau juga untuk mengikuti perkembangan virus ini, menghindari tempat dan kota asal virus, tidak melakukan kontak fisik dengan orang yang sedang dalam kondisi batuk, demam, atau sesak napas

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X