BNPB Sebut Titik Terdampak Banjir di Bogor dan Lebak Sudah Dapat Bantuan Logistik

Kompas.com - 24/01/2020, 23:10 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo menyampaikan usulan  saat rapat kerja dengan  Komisi VIII DPR di gedung parlemen, Senayan Jakarta, Senin (17/6/2019). Raker tersebut membahas RAPBN tahun anggaran 2020 dan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun Anggaran 2020. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pras. ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIKepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo menyampaikan usulan saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di gedung parlemen, Senayan Jakarta, Senin (17/6/2019). Raker tersebut membahas RAPBN tahun anggaran 2020 dan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun Anggaran 2020. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pras.
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Doni Monardo mengatakan hampir seluruh lokasi di Lebak dan Bogor yang terdampak banjir telah menerima bantuan logistik.

Hal itu ia katakan usai memberikan penghargaan pada pilot TNI Angkatan Darat dan jurnalis di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

"Sejauh ini hampir semua ya hampir semua daerah sudah mendapat bantuan logistik jadi kebutuhan mininal sudah terpenuhi," kata Doni.

Baca juga: BNPB: 17.556 Pengungsi di Kabupaten Bogor, 1.776 Pengungsi di Lebak

Doni mengatakan, daerah yang sulit dilalui karena bencana juga sudah ditangani oleh BNPB.

Sehingga bantuan logistik sudah terdistribusi dengan baik ke daerah-daerah yang membutuhkan.

"Tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau dengan transportasi darat disiapkan helikopter. helikopter yang juga didukung oleh TNI angkatan darat dan juga helikopter yang disiapkan oleh BNPB," ungkapnya.

Dia menegaskan semua tindakan BNPB juga dibantu oleh pihak lainnya.

Mulai dari Polri, BPBD, hingga BUMN juga turut membantu BNPB dalam melakukan tugas pasca-bencana.

"Termasuk juga didukung oleh BUMN yang mengerahkan semua kekuatannya ditambah lagi para relawan dari berbagai daerah di tanah air yang telah ikut memberikan bantuan," ucapnya.

Sebelumnya, Doni juga masih menunggu usulan dana dari Bupati Lebak dan Bupati Bogor terkait berapa anggaran yang diperlukan masyarakat untuk renovasi rumah yang rusak akibat bencana.

Baca juga: Polda Banten Tutup 25 Tambang Emas yang Sebabkan Banjir Bandang

"BNPB masih menunggu permohonan dari para Bupati Lebak dan Bogor usulan untuk kebutuhan masyarakat baik itu dana untuk hunian yang nanti akan digunakan untuk sewa rumah bagi masyarakat yang terdampak," kata Doni.

"Termasuk juga kebutuhan-kebutuhan untuk relokasi kami masih menunggu dari pemerintah daerah," lanjutnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X