BNPB Berikan Penghargaan untuk Pilot Militer dan Jurnalis

Kompas.com - 24/01/2020, 19:37 WIB
Kepala BNPB Doni Munardo saat ditemuidi Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariKepala BNPB Doni Munardo saat ditemuidi Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) memberikan penghargaan kepada pilot beserta kru Helikopter MI 35 dari Markas Besar TNI Angkatan Darat.

Selain pilot, BNPB juga memberikan penghargaan pada satu orang jurnalis.

Penerima penghargaan di antaranya Kapten Cpn Faris Affandi, Kopilot Lettu Cpn Erika Ade P, TI Sertu Eko Purnomo, Avionik Serda Kadiya, Mekanis Pratu Heri P, Pratu Dwi Hatmoko, serta satu orang jurnalis Amanda Paulien Komaling.

Faris dan rekannya mendapat penghargaan karena berhasil mengendalikan pesawat yang dinaiki Ketua BNPB Doni Monardo dan rombongannya dengan baik ke lokasi bencana banjir bandang di Sangihe Sulawesi Utara beberapa waktu.

Saat itu, helikopter gagal terbang akibat angin kencang.

Baca juga: Helikopter yang Ditumpangi Kepala BNPB Dilanda Angin Kencang dan Kehilangan Daya

Sedangkan Amanda, mendapat penghargaan karena menjadi salah satu jurnalis yang meliput banjir bandang di Sangihe.

"Intinya adalah BNPB memberikan apresiasi memberikan penghargaan kepada pilot, kopilot dan kru yang telah melakukan sebuah upaya dalam kondisi kritis sehingga pesawat dan penumpang yang ada di dalam pesawat semuanya dalam keadaan selamat," kata Doni usai memberikan penghargaan di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Doni mengatakan, mengedalikan pesawat dalam keadaan bahaya tidak mudah.

Apalagi, dia sempat mendengar ada pilot yang gagal melakukan pendaratan.

"Tetapi pilot dengan tingkat profesional yang tinggi dengan ketenangan yang luar biasa mampu mengendalikan pesawat sehingga pesawat bisa kembali mendarat dalam keadaan aman," ucap Doni.

"Sekali lagi kami keluarga besar BNPB menyampaikan rasa bangga kepada Puspen AD kepada TNI kita dimana para prajuritnya sangat profesional," tuturnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X