Persiapan Venue PON 2020 di Papua Ditargetkan Rampung Juni

Kompas.com - 24/01/2020, 11:58 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Pembanbunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy di Kantor Kemenko Bidang PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (7/1/2020). KOMPAS.com/ACHMAD NASRUDIN YAHYAMenteri Koordinator (Menko) Pembanbunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy di Kantor Kemenko Bidang PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Kamis (23/1/2020), meninjau persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Merauke, Papua.

Dalam peninjauannya, Muhadjir menyampaikan, konsistensi dalam pembangunan dan persiapan venue PON harus dijaga jelang pelaksanaan event nanti.

"Waktunya ditargetkan paling akhir sampai Juni. Saya lihat kalau progresnya konsisten terus seperti yang sekarang, tidak sampai Juni selesai," ujar Muhadjir dikutip dari siaran pers Kemenko PMK, Jumat.

Baca juga: Jelang PON 2020 di Papua, Akomodasi Atlet Gunakan Hotel hingga Rumah Warga

Muhadjir mengatakan, sejauh ini, persiapan fisik baik infrastruktur maupun sarana-prasarana pendukung sudah sesuai dengan target yang diharapkan.

Saat ini, progres pembangunan beberapa venue di Papua, misalnya venue balap motor di Tanah Miring sudah berada di atas 30 persen.

Kemudian, Stadion Kaltapal di Tanah Datar yang diperuntukkan bagi sepakbola putri pembangunannya sudah mencapai 75 persen.

Sementara, pembangunan rumah susun (rusun) baik rusun PUPR BPJN XXII Rimba Jaya Merauke maupun rusun Pemkab Merauke (Universitas Musamus) seluruhnya sudah mencapai 85 persen.

Rusun yang dibangun dengan tipe kamar 36 tersebut diharapkan dapat menampung para atlet dari 6 cabang olahraga yang dipertandingkan di Merauke.

Baca juga: Mendagri Tito Karnavian Sebut Mimika Paling Siap Jadi Tuan Rumah PON 2020

"Nantinya, agar fasilitas dan sarana prasarana olahraga yang telah terbangun megah dan berstandar internasional dapat terus dimanfaatkan. Jangan sampai usai pelaksanaan PON 2020, fasilitas itu mangkrak apalagi sampai dirusak," pesan Muhadjir Effendy.

Diketahui, PON 2020 di Papua akan digelar pada 20 Oktober hingga 2 November 2020 ini.

Lokasi penyelenggaraan PON 2020 ini adalah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Setidaknya, terdapat 37 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X