Jelang 100 Hari Pemerintahan, Ma'ruf Sebut Situasi Politik Semakin Kondusif

Kompas.com - 23/01/2020, 19:18 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin usau membuka Rakernas IPPNU di Jombang, Jawa Timur, Kamis (23/1/2020) KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIMWakil Presiden Maruf Amin usau membuka Rakernas IPPNU di Jombang, Jawa Timur, Kamis (23/1/2020)
|
Editor Bayu Galih

JOMBANG, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai situasi politik semakin kondusif menjelang 100 hari masa pemerintahannya bersama Presiden Joko Widodo sejak mereka resmi menjabat pada 20 Oktober 2019.

Ma'ruf Amin menilai, kekuatan seluruh elite politik nasional semakin terkonsolidasi sehingga situasi politik relatif kondusif.

"Saya melihat politik itu sangat kondusif. Karena biasanya kan politik tidak kondusif itu kalau elitenya itu terjadi konflik," kata Wapres Ma'ruf saat ditemui di Pondok Pesantren Tambak Beras, Jombang, Jawa Timur, Kamis (23/1/2020).

"Sekarang elitenya sudah tidak ada (konflik), semuanya karena sudah bergabung," ujar Ma'ruf.

Baca juga: Nadiem Makarim Jelaskan Tujuan Minta Waktu 100 Hari ke Jokowi

Ma'ruf optimistis situasi politik Indonesia bakal semakin kondusif bila ke depan masyarakat di akar rumput juga ikur terkonsolidasi dan tak lagi berkubu seperti saat Pilpres 2019.

Ia menyatakan, pemerintah dan seluruh pihak terkait akan terus mengonsolidasikan mayarakat di akar rumput sebagaimana para elitenya.

"Di bawah ini tinggal sosialisasi, pemantapan, supaya elite politik itu kemudian membawa kerukunan mereka itu sampai ke tingkat akar rumput," ucap Ma'ruf.

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2019-2024 setelah menang Pilpres 2019.

Jokowi dan Ma'ruf resmi menjalankan peran sebagai presiden dan wapres setelah dilantik dalam acara yang berlangsung di Gedung MPR pada 20 Oktober silam.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X