Sidang Pelanggaran Etik Wahyu Setiawan Digelar Tertutup di Gedung KPK

Kompas.com - 15/01/2020, 11:44 WIB
Komisioner KPU Wahyu Setiawan (tengah) mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020) dini hari. KPK menetapkan empat orang tersangka dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Rabu (8/1/2020) yakni WSE Komisioner KPU, ATF mantan anggota Bawaslu serta HAR dan SAE dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024 dengan barang bukti uang sekitar Rp 400 juta dalam bentuk mata uang dolar Singapura dan buku rekening. ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTOKomisioner KPU Wahyu Setiawan (tengah) mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020) dini hari. KPK menetapkan empat orang tersangka dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Rabu (8/1/2020) yakni WSE Komisioner KPU, ATF mantan anggota Bawaslu serta HAR dan SAE dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024 dengan barang bukti uang sekitar Rp 400 juta dalam bentuk mata uang dolar Singapura dan buku rekening.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sidang dugaan pelanggaran kode etik terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan akan digelar di Gedung Merah Putih KPK pada Rabu (15/1/2020) siang hari ini.

Plt Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Muhammad mengatakan, keputusan itu diambil setelah DKPP berkoordinasi dengan KPK pada Rabu pagi ini.

"Karena pertimbangan-pertimbangan KPK beberapa hal misalnya keamanan dan seterusnya, maka KPK dan DKPP itu setuju dan memutuskan untuk sidangnya dilaksanakan di KPK ini," kata Muhammad di Gedung Merah Putih KPK, Rabu.

Muhammad menuturkan, sidang rencananya akan dimulai pada pukul 14.00 WIB nanti dengan menghadirkan pihak pengadu yakni Bawaslu RI dan KPU RI.

Baca juga: Hari Ini Disidang DKPP, Wahyu Setiawan Temui Penyidik KPK

KPK, kata Muhammad, juga sudah mengizinkan Wahyu untuk mengikuti sidang dugaan pelanggaran kode etik tersebut.

"Intinya KPK memberikan fasilitasi dan dukungan yang sangat baik untuk pelaksanaan sidang DKPP. Jadi KPK menyetujui bahwa Saudara Wahyu ini untuk bisa dihadirkan sidang DKPP pada hari ini," kata Muhammad.

Ia melanjutkan, sidang tersebut juga akan dilaksanakan secara tertutup. Namun, ia menyebut publik bisa mengikuti sidang itu lewat layanan live streaming.

"Mohon maaf sidang tertutup karena pertimbangan DKPP dan KPK. Tapi KPK mengizinkan untuk live streaming, nanti ada koordinasi teknisnya. Masyarakat bisa ikuti live streaming yang ada di (situs) DKPP," ujar Muhamad.

Baca juga: Jelang Sidang Pelanggaran Etik Wahyu Setiawan, DKPP Koordinasi dengan KPK

Diberitakan sebelumnya, DKPP akan menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik terhadap Wahyu Setiawan, Rabu (15/1/2020).

Pelanggaran kode etik ini berkaitan dengan status Wahyu sebagai tersangka kasus suap penetapan anggota DPR periode 2019-2024.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan dijadikan tersangka karena diduga menerima suap setelah berjanji untuk menetapkan caleg PDI-P Harun Masiku sebagai anggota DPR terpilih melalui mekanisme PAW.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X