Kompas.com - 14/01/2020, 10:36 WIB
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi III DPR Herman Hery meminta Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa tidak asal melemparkan tudingan soal pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Herman yang merupakan politikus PDI-P itu berharap Desmond yang merupakan politisi Partai Gerindra tidak berusaha menyalahkan siapa pun.

"Tidak usah saling tuding dan menyalahkan, apalagi melempar bola panas ke publik. Jangan jadi pahlawan kesiangan," kata Herman kepada wartawan, Selasa (14/1/2020).

Baca juga: KPK Lambat Geledah DPP PDI-P, ICW: Bukti UU KPK Baru Mempersulit

Ia mengatakan, tiap warga negara, apalagi pejabat publik, harus menghormati peraturan perundang-undangan.

Menurut Herman Hery, jika ada keberatan atau kerugian akibat suatu undang-undang, konstitusi sudah menyediakan jalur judicial review di Mahkamah Konstitusi (MK).

Herman pun menilai tak ada upaya pelemahan KPK.

Menurut dia, operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK sebanyak dua kali berturut-turut jadi bukti lembaga antirasuah itu tetap dapat bekerja dengan baik dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

Baca juga: Pengamat: Lamanya Proses Penggeledahan KPK Bisa Hilangkan Barang Bukti

"KPK dalam menjalankan tugasnya harus sejalan dengan UU yang berlaku," ucap Herman.

"Prinsipnya, kami Komisi III terus mendukung KPK dalam melaksanakan agenda pemberantasan korupsi selama dilakukan secara profesional berdasarkan peraturan perundang-undangan," ujar dia.

Selanjutnya, terkait upaya penghalangan penggeledahan oleh KPK di Kantor DPP PDI Perjuangan, Herman menilai sampai saat ini isu tersebut masih simpang siur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.