Menlu Retno Minta PBB Bantu Redam Ketegangan Iran-AS

Kompas.com - 09/01/2020, 12:51 WIB
Menlu Retno LP Marsudi saat bertemu dengan Dubes Iran untuk Indonesia di Kantor Kemenlu, Senin (6/1/2020) sore. Twitter / @Menlu_RIMenlu Retno LP Marsudi saat bertemu dengan Dubes Iran untuk Indonesia di Kantor Kemenlu, Senin (6/1/2020) sore.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia terus berupaya meredam ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat.

Pada Kamis (9/1/2020) pagi ini, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah menjalin komunikasi dengan Vietnam selaku Presidensi Dewan Keamanan PBB terkait upaya meredam tensi Iran- AS.

"Kami ingin laporkan kepada Bapak Presiden bahwa Indonesia sudah mengirim pesan ke semua pihak terkait untuk menahan diri agar eskalasi yang sedang terjadi tidak memburuk," kata Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis pagi.

Baca juga: AS-Iran Memanas, Luhut Minta Jangan Heboh

"Pagi ini kami juga melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Vietnam selaku Presidensi Dewan Keamanan PBB yang intinya meminta presiden dewan keamanan untuk terus mengupayakan peredaan ketegangan," sambung dia.

Menlu Retno Marsudi mengatakan, Menlu Vietnam Pham Binh Minh saat ini telah berada di New York.

Dia pun berharap PBB terus berupaya meredam agar eskalasi antara AS dan Iran tak terus berlanjut.

Selain itu, Retno juga telah bertemu dengan Duta Besar Amerika Serikat dan Iran untuk meminta kedua negara menahan diri.

Baca juga: Konflik AS-Iran Memanas, Otoritas Penerbangan AS Rilis Larangan Terbang

Pertemuan digelar secara terpisah pada Senin (6/1/2020).

Menlu Retno Marsudi menyebutkan, eskalasi antara Iran dan AS tidak akan bermanfaat bagi siapa pun. Seteru ini justru akan memberi dampak negatif pada ekonomi dunia.

Sebelumnya, Iran melalui Garda Revolusi menyatakan, mereka menghujani markas pasukan AS dan sekutunya di Irak dengan "puluhan rudal".

Operasi itu dikatakan merupakan pembalasan atas pembunuhan Jenderal Qasem Soleimani oleh AS pada Jumat (3/1/2020) pekan lalu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X