Cegah Banjir di Halim, Menhub Minta AP II Normalisasi Saluran Air dan Kolam

Kompas.com - 07/01/2020, 17:49 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Saat di Stasiun Tugu Yogyakarta Sabtu (28/12/2019) KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Saat di Stasiun Tugu Yogyakarta Sabtu (28/12/2019)
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Angkasa Pura (AP) II menormalisasi saluran air dan kolam di bandara Halim Perdanakusuma untuk mencegah terjadinya banjir.

Budi mengatakan hal itu diperlukan agar banjir tak lagi menggenangi runway bandara jika curah hujan sedang tinggi.

"Jadi saya sudah menugaskan AP II untuk melakukan perbaikan kolam-kolam yang terjadi pendangkalan. Itu karena sangat penting untuk melakukan normalisasi di Halim. Kalau itu selesai, bisa dipastikan halim tidak akan terganggu lagi," ujar Budi di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Baca juga: Hadapi Banjir Saat Hujan Lebat, Anies: Kami Siapkan Semua Alat dan Personel

Budi mengatakan berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan masih akan tinggi hingga Februari.

Karenanya, Budi mengingatkan kepada seluruh pengelola bandara untuk menormalisasi seluruh saluran air dan kolam agar runway tak tergenang saat hujan lebat.

"Harus antisipasi ke depan jadi memang kami melakukan suatu koordinasi yang intensif dengan BMKG untuk mengetahui bagaimana curah hujan, angin di suatu daerah-daerah yang lain," lanjut dia.

Sebelumnya diberitakan, hujan mengguyur wilayah Jabodetabek pada Selasa (31/12/2019) mengakibatkan banjir pada Rabu pekan lalu. Sebagian wilayah terkena banjir termasuk Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

Air setinggi 30 centimeter menggenangi landasan pacu. Akibatnya, semua penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Baca juga: Sampah Bekas Banjir Menumpuk di Bantaran Kali Cakung

Maskapai Citilink Indonesia, Batik Air, dan Wings Air yang melayani penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma mengumumkan pembatalan hingga pengalihan penerbangan dari bandara itu.

Namun demikian, setelah banjir mulai surut di landasan pacu, Bandara Halim Perdanakusuma kembali dibuka dan operasional penerbangan di bandara tersebut kembali normal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X