Menkominfo Imbau Netizen Bijak Gunakan Medsos di Tengah Bencana

Kompas.com - 06/01/2020, 21:23 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate mengatakan bahwa perusahaan over the top seperti Netflix dan Spotify terancam denda jika tidak membayar pajak. WAHYUNANDA KUSUMA PERTIWI/KOMPAS.comMenteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate mengatakan bahwa perusahaan over the top seperti Netflix dan Spotify terancam denda jika tidak membayar pajak.
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatik Johnny G Plate meminta masyarakat menggunakan media sosial dengan bijak di tengah bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah.

Johnny mengimbau warganet tidak memperkeruh suasana dengan saling mengadu domba.

"Ini orang lagi bencana, gunakanlah Twitter, social media, Facebook, atau apa pun itu dengan cara cerdas dan baik," ujar Johnny di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020).

"Penggunaannya itu jangan selalu untuk kepentingan adu domba, kepentingan yang enggak bermanfaat," sambungnya.

Baca juga: Ini Daftar 12 Daerah yang Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Longsor

Johnny menegaskan, kementeriannya terus mengedepankan cara persuasif. Politisi Partai Nasdem ini mengajak seluruh warganet bijak menggunakan media sosial.

"Jadi media juga kita minta, sama-sama kita kasih literasi masyarakat supaya gunakan ruang digital ini dengan sehat," ujar Johnny.

Johnny menyebut upaya penindakan juga dilakukan. Tanpa merinci rentang waktunya, Johnny menyebut sampai saat ini sudah ada 1,5 juta akun media sosial yang diblokir terkait hoaks atau menyebar hasutan.

Namun, langkah penindakan dilakukan sebagai upaya terakhir.

"Kalau upaya di-take-down itu sudah upaya yang luar biasa. Tapi kan yang setiap kali dikasih blokir satu, muncul dua, bagaimana. Itu kan berati tidak sehat," ujar Johnny.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X