Yasonna Minta Ketua KPK Beri Pelajaran Pegawai Kemenkumham yang Bandel

Kompas.com - 06/01/2020, 10:30 WIB
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum Ham) Yasonna Laoly (tengah) didampingi Jajarannya mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi III DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Raker tersebut membahas Rencana Strategis Kementerian Hukum dan HAM dan Hasil pemeriksaan BPK semester I tahun 2019 dan tindak lanjut rencana undang - undang. ANTARA FOTO/Reno Esnir/ama. ANTARA FOTO/RENO ESNIRMenteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum Ham) Yasonna Laoly (tengah) didampingi Jajarannya mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi III DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Raker tersebut membahas Rencana Strategis Kementerian Hukum dan HAM dan Hasil pemeriksaan BPK semester I tahun 2019 dan tindak lanjut rencana undang - undang. ANTARA FOTO/Reno Esnir/ama.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly mempersilakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menindak pegawai Kemenkumham yang kedapatan melakukan praktik korupsi.

Hal itu disampaikan Yasonna saat memberi sambutan dalam acara apel janji kinerja dan pencanangan zona integritas yang juga dihadiri Ketua KPK Firli Bahuri di Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Senin (6/1/2020) pagi.

"Lapas masih ada pungli di sana-sini, dari awal saya sampaikan, perbaiki. Ini ada Ketua KPK, hati-hati. Bila perlu diam-diam nanti saya bilang, 'Pak Ketua, di sana nampaknya sulit, sudah saya ingatkan enggak bisa. Kasih pelajaran'. Hati-hati," kata Yasonna di hadapan para pegawainya.

Baca juga: Temukan Sel Mewah Napi Koruptor, Ombudsman Minta Lapas Terapkan Standar

Yasonna menuturkan, program zona integritas sudah berjalan si Kemenkumham dan membuahkan 39 wilayah bebas korupsi dan 4 wilayah birokrasi bersih melayani.

Namun, Yasonna mengingatkan bahwa slogan-slogan antikorupsi dan berintegritas tersebut tidak boleh hanya menjadi 'pemanis' di bibir.

"Tadi membuat yel-yel, kuncinya integritas, no pungli, no korupsi itu jangan lip service saja, harus menjadi sistem nilai, internalisasikan nilai-nilai itu di dalam dirimu," ujar Yasonna.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly membacakan sambutan dalam acara apel apel janji kinerja dan pencanangan zona integritas di Kantor Kemenkumham, Senin (6/1/2020).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly membacakan sambutan dalam acara apel apel janji kinerja dan pencanangan zona integritas di Kantor Kemenkumham, Senin (6/1/2020).

Yasonna pun mendorong para kepala kantor wilayah dan unit pelaksana teknis untuk bisa memperoleh predikat wilayah bebas korupsi.

Menurut Yasonna, terdapat 267 satuan kerja di Kemenkumham yang berpotensi mendapatkan predikat wilayah bebas korupsi tersebut

Baca juga: Ombudsman Temukan Dugaan Ada Perlakuan Khusus untuk Napi Korupsi di Lapas Cibinong

Ia menambahkan, ada sejumlah tugas yang mesti dituntaskan oleh Kemenkumham pada 2020 antara lain mengharmonisasi peraturan-peraturan daerah hingga menciptakan suasana pelayanan yang nyaman di kantor-kantor imigrasi.

"Hujan ini kecil buat kita, tantangan kita lebih besar. Tantangan kita jauh lebih besar, kalau hujan gerimis kecil begini saja kita tidak mampu, forget it," kata Yasonna.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X