Mendagri Akan Evaluasi Pelayanan Dokumen Kependudukan untuk Korban Banjir

Kompas.com - 03/01/2020, 16:38 WIB
Mendagri Tito Karnavian dan Wali Kota Bekasi saat meninjau lokasi banjir di kawasan Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/2/2020). Humas KemendagriMendagri Tito Karnavian dan Wali Kota Bekasi saat meninjau lokasi banjir di kawasan Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito Karnavian akan mengevaluasi pelayanan yang diberikan pemerintah kepada warga korban banjir yang ingin mengganti dokumen kependudukannya.

"Saya sudah perintahkan Dirjen Dukcapil. Instansi yang vertikal artinya dari Dirjen itu komandonya langsung ke Kabupaten, Kota, dan Provinsi. Nanti kita evaluasi mana yang jalan dan tidak jalan," kata Tito di sela kunjungannya ke lokasi banjir kawasan Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/2/2020).

Tito mengatakan, Dirjen Dukcapil telah memberikan surat edaran kepada seluruh kepala dinas dukcapil baik provinsi maupun kabupaten dan kota untuk memberikan pelayanan tersebut bagi masyarakat.

Baca juga: Kemendagri Akan Koordinasikan DKI dan Jawa Barat soal Waduk Ciawi dan Sukamahi

Instruksi Dirjen Dukcapil

"Segera memberikan pelayanan yang mudah dan cepat bagi warga yang kehilangan atau rusak dokumen catatan sipilnya, dokumen kependudukannya seperti KTP, akta kelahiran, buku nikah dan lain-lain," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada para kepala dinas di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan seluruh Indonesia untuk bergerak aktif mendata dokumen di wilayah yang terkena bencana.

"Pasca bencana kami langsung bergerak aktif mendata dan mengganti dokumen yang hilang rusak tersebut dengan gratis," kata Zudan kepada wartawan, Jumat (3/12/2019).

"KTP, KK, akta lahir yang terendam banjir dan tidak bisa ditemukan lagi, nanti akan diberikan pelayanan lagi pasca banjir secara kolektif," lanjut dia.

Baca juga: Ijazah dan Dokumen Rusak karena Banjir? ANRI Buka Layanan Perbaikan Gratis, Ini Caranya

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X