Ombudsman Segera Laporkan Hasil Sidak 5 Jalan Tol ke Menhub

Kompas.com - 28/12/2019, 13:31 WIB
Komisioner Ombudsman Republik Indonesia, Adrianus Meliala, memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor Ombudsman Republik Indonesia di Kuningan, Jakarta Selatan,.Sabtu (28/12/2019. KOMPAS.com/Dian Erika Komisioner Ombudsman Republik Indonesia, Adrianus Meliala, memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor Ombudsman Republik Indonesia di Kuningan, Jakarta Selatan,.Sabtu (28/12/2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisioner Ombudsman Republik Indonesia, Adrianus Meliala, mengatakan bahwa pihaknya akan melaporkan hasil sidak terhadap pantauan kondisi lima ruas jalan tol ke Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi.

Lima ruas jalan tol yang dimaksud yakni Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ), ruas Tol Jakarta Tangerang (Janger), ruas Tol Prof Sedyatmo, ruas Tol Jagorawi, dan ruas Tol Dalam Kota.

"Pasti akan kami laporkan. Nanti kami akan undang Pak Menhub. Pak menhub kan selalu kooperatif sama kita," ujar Adrianus di Posko Pemantauan Arus Mudik-Balik Natal-Tahun Baru 2019-2020, Jakarta Timur, Sabtu (28/12/2019).

Dia menyampaikan, ada sejumlah temuan yang dicatat oleh Ombudsman.

Baca juga: Ombudsman Gelar Sidak Pelayanan Publik

Pertama, karena posko belum pernah menjadi obyek sidak, kegiatan pemantauan di posko menurutnya masih santai.

Kedua, tidak ada petugas yang berjaga di posko.

Adrianus lalu membandingkan kondisi posko pemantauan arus mudik-balik yang dibuat oleh Jasa Marga itu dengan pemantauan oleh National Traffic Management Center (NTMC) Polri.

"Kalau kita bandingkan dengan NTMC Polri, mereka siaga betul. Lalu kan kita senang ya melihatnya sebagai bentuk pengayoman kita sebagai pejabat publik terhadap masyarakat," tutur dia.

"Makanya walau kegiatan sidak ini hanya sejam, dua jam, tapi sebenarnya ada baiknya untuk bikin kita alert. Bayangkan kalau misalnya ada kecelakaan, dan tidak ada yang menangani (karena tidak siaga)," ucap Adrianus.

Selain dua temuan itu, Ombudsman mencatat, 12 kamera pemantau yang dipasang Jasa Marga tidak berfungsi.

Baca juga: Temuan Sidak Ombudsman: 12 Kamera Pantau Jasa Marga di Dua Tol Tak Berfungsi

Keduabelas kamera pemantau itu ada di Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ) dan ruas Tol Jakarta Tangerang (Janger).

Terakhir, Ombudsman mencatat kualitas obyek yang dipantau tidak bisa ditampilkan secara maksimal di layar pemantauan.

"Kan bisa dilihat ini objeknya kecil-kecil. Banyak yang kabur," ujar Adrianus.

Dengan adanya sejunlah temuan itu, Ombudsman menilai pemantauan yang dilakukan oleh Jasa Marga tidak mencerminkan aset yang dijaga dan kebutuhan masyarakat.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X