Meski Lepas Posisi Jubir, Febri Diansyah Masih Jadi Kabiro Humas KPK

Kompas.com - 27/12/2019, 11:27 WIB
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (26/12/2019). KOMPAS.com/TSARINA MAHARANIKabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (26/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Febri Diansyah memilih tetap menjalankan tugas dan fungsi sebagai Kepala Biro Humas KPK. Ia tak lagi merangkap sebagai Juru Bicara KPK.

"Saya akan fokus dan lebih maksimal menjalankan tugas sebagai Kepala Biro Humas. Interaksi kita masih ada, tapi dalam konteks yang berbeda," kata Febri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Febri menyampaikan, pengunduran dirinya sebagai juru bicara merujuk pada perubahan Peraturan KPK No 3/2018.

Peraturan itu memisahkan antara jabatan juru bicara dan kabiro humas KPK.

Sementara itu, sebelumnya, berdasarkan Peraturan KPK No 1/2015, Febri secara definitif menjabat sebagai Kabiro Humas KPK.

Baca juga: Febri Diansyah Pamit Jadi Juru Bicara KPK

Adapun kabiro humas KPK sebelumnya juga bertugas dan berfungsi sebagai juru bicara.

"Saat itu aturan yang berlaku adalah peraturan KPK Nomor 1 tahun 2015 di mana di sana diatur kepala biro humas adalah sekaligus juga juru bicara KPK. Dalam konteks itulah saya melaksanakan tugas sebagai kepala biro humas dan juga juru bicara KPK," ujar Febri.

"Sampai akhirnya ada perubahan aturan di tahun 2018 yang kemarin disebutkan oleh pimpinan, salah satunya juga dari usulan kami di biro humas agar ada pemisahan antara juru bicara dan kepala biro humas," ucap dia. 

Lantas, apa beda tugas dan fungsi peran kabiro humas dan juru bicara KPK?

Febri mengatakan, kini ia tidak lagi memiliki kapasitas menyampaikan informasi-informasi terkini mengenai KPK kepada publik.

"Clear ya, kalau sudah tidak jadi juru bicara artinya saya tidak mungkin lagi menyampaikan informasi update atau informasi-informasi lain, kecuali ada penugasan dari pimpinan (KPK)," ujar Febri.

Baca juga: Febri Diansyah Lepas Jabatan Juru Bicara, KPK Segera Tunjuk Plt Jubir

Dia menyebutkan, informasi terkini mengenai KPK bisa didapatkan melalui pimpinan KPK atau pejabat sementara juru bicara yang kemungkinan akan ditunjuk para pimpinan.

"Teman-teman bisa bertanya kepada pimpinan KPK atau nanti kalau pimpinan sudah menunjuk orang secara spesifik untuk melaksanakan tugas sementara, atau mengisi juru bicara baru bersamaan dengan pengisian jabatan lain, silakan saja. Karena saya enggak boleh bicara lagi setelah tidak jadi juru bicara," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X