Hanura Kubu OSO Bahas Rencana Laporkan Pihak Wiranto

Kompas.com - 23/12/2019, 16:40 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura) Demisioner Yus Usman Sumanegara di Kantor DPP Partai Hanura, City Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/12/2019). KOMPAS.com/HaryantipuspasariWakil Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura) Demisioner Yus Usman Sumanegara di Kantor DPP Partai Hanura, City Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura) Yus Usman Sumanegara berencana melaporkan kubu mantan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto ke polisi.

Itu karena kubu Wiranto menyebut Musyawarah Nasional (Munas) III Partai Hanura yang digelar Hanura kubu Oesman Sapta Odang ( OSO) abal-abal.

"Padahal, yang hadir dalam Munas itu peserta dari DPD 34 Provinsi hadir seluruhnya, punya hak suara. Kemudian dari DPC yang punya hak suara 514," kata Yus di Kantor DPP Partai Hanura, City Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/12/2019).

"Itu saja dua komponen itu saja sudah melebihi 90 persen dari pemilik suara yang sah. Kok tiba-tiba disebut abal-abal," sambungnya.

Yus mengingatkan, Kubu Wiranto agar tak mengaku-ngaku sebagai Partai Hanura.

Baca juga: Setelah Lawan Sudding, Kini OSO Berhadapan dengan Wiranto di Hanura...

Sebab, berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) tentang penolakan kasasi yang diwakili Daryatmo dan Sarifuddin Suding bersifat final dan mengikat. 

Sehingga, kata dia, Partai Hanura legal adalah yang di bawah kepemimpinan OSO.

"Kalau ada yang ngaku-ngaku Hanura lain, itu berarti kan melawan hukum," ujarnya.

Kendati demikian, Yus mengatakan, langkah hukum akan dilakukan setelah dibahas lebih lanjut di internal pendiri Partai Hanura.

Menurut Yus, OSO belum mengetahui bahwa para pendiri Partai Hanura akan melaporkan kubu Wiranto.

"Belum, belum belum. Kan baru tadi kita bahas. Internal ini. Jadi dewan pendiri adalah sikapnya selalu mengacu pada dewan pimpinan pusat yang legal. Yang kebetulan di bawah kepemimpinan pak OSO," pungkasnya.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X