Sekjen PDI-P Bandingkan Jalur Sutra China dengan Jalur Rempah Indonesia

Kompas.com - 23/12/2019, 12:14 WIB
Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (23/12/2019). KOMPAS.com/TSARINA MAHARANI Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (23/12/2019).
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Indonesia memiliki jalur rempah yang dahsyat nan bersejarah.

Menurut dia, jalur rempah Indonesia tak kalah hebatnya dengan One Belt One Road (OBOR) yang terinspirasi dari jalur sutra China yang termahsyur di masa lalu.

"Kalau Tiongkok (China) punya OBOR jalur sutra. Kalau kita bandingkan dengan jalur rempah internasional itu jauh lebih dasyat," kata Hasto ketika membuka forum diskusi "Potensi Rempah Nusantara untuk Kemajuan Indonesia" di kantor DPP PDI-P, Jakarta, Senin (23/12/2019).

Baca juga: Di Balik Ambisi China Kobarkan Kembali Jalur Sutra...

Ia pun mengatakan, sudah saatnya Indonesia berfokus pada pengembangan rempah-rempah.

Hasto menyebutkan, Indonesia tak perlu lagi membandingkan-bandingkan diri dengan negara-negara lain.

"Darma bakti bagi Ibu Pertiwi, negara yang sebenarnya kaya raya tetapi orientasi kita kurang. Kita kagum dengan bangsa-bangsa Eropa, Amerika, Timur Tengah, kita ingin seperti mereka tapi mengubur apa yang ada di sini," ujar Hasto.

"Maka mari kita mengkaji melalui jalur rempah ini, saya ingin menggelorakan semangat itu," kata dia.

Baca juga: Susuri Budaya dan Sejarah Nusantara Lewat Jalur Rempah

Hasto optimistis Indonesia bisa jadi bangsa sejahtera jika mampu mengelola jalur rempah dengan maksimal.

"Kita harus fokus kelola dari hulu ke hilir. Maka kami meyakini itu akan menjadi jalan kesejahteraan bagi bangsa dalam hal pangan,  pangan ini juga dalam hal kekayaan laut kita, bumbu-bumbuan, rempah-rempah, minyak-minyak juga," tuturnya.

Karena itu, kata Hasto, salah satu agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI-P mendatang adalah membicarakan soal optimalisasi pengelolaan jalur rempah.

Menurut dia, PDI-P tak lagi sekadar berbicara soal politik kekuasaan. Dia menegaskan bahwa partainya berfokus pada politik substantif.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X