Kompas.com - 22/12/2019, 14:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Politisi PDI Perjuangan (PDI-P) Maruarar Sirait menegaskan, PDI-P tidak akan ada memperlakukan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka yang mendaftar untuk jadi calon Wali Kota Solo, secara istimewa.

Maruarar memastikan, sejak dulu PDI-P tidak pernah menerapkan perlakuan istimewa atau memberikan privilege terhadap personal. Siapa pun itu. 

Dia pun mencontohkan beberapa pilkada dan pileg yang pernah dilalui PDI-P yang melibatkan nama-nama populer.

Politisi PDI-PBMaruarar Sirait saat ditemui usai acara Cross Check bertajuk Jokowi Langgengkan Politik Dinasti di kawasan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019).KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari Politisi PDI-PBMaruarar Sirait saat ditemui usai acara Cross Check bertajuk Jokowi Langgengkan Politik Dinasti di kawasan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019).
Baca juga: PDI-P Belum Putuskan Soal Pencalonan Gibran Rakabuming sebagai Wali Kota Solo

Antara lain adalah terpilihnya Jokowi sebagai wali kota Solo dua periode dan Puan Maharani yang notabene merupakan putri dari Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri sebagai anggota legislatif hingga berhasil menjadi Ketua DPR. 

Keduanya, kata Maruarar, maju dengan mekanisme yang berlaku di internal partai dan dipilih masyarakat. 

"Jadi proses dan mekanisme harus dihormati, sudah banyak contohnya," kata Maruarar dalam acara Cross Check bertajuk Jokowi Langgengkan Politik Dinasti di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019).

Maruarar juga memastikan bahwa Gibran dan calon lainnya yang mendaftar ke PDI-P, yakni Achmad Purnomo Putranto akan dipertimbangkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Baca juga: Ngabalin Sebut Gibran Tak Pernah Bicarakan Pencalonannya di Pilkada Solo ke Jokowi

Pengurus akan mempertimbangkan, di antaranya soal integritas, ideologi, kompetensi, hingga jejak rekam. "Karena Solo basis yang sangat penting bagi PDI-P," kata dia.

Achmad Purnomo saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo. 

PDI-P, kata dia, belum memberikan keputusan terkait sosok yang akan diusung pada Pilkada Solo nanti.

Pertimbangan, kata Maruarar, akan dilakukan dengan komprehensif untuk mendapatkan sosok terbaik yang bisa memenangkan pilkada. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.