Sambangi KPK, Firli Bahuri Mengaku Jalani Program Induksi

Kompas.com - 17/12/2019, 19:24 WIB
Ketua KPK terpilih periode 2020-2023 Firli Bahuri di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/12/2019) KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMANKetua KPK terpilih periode 2020-2023 Firli Bahuri di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/12/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) terpilih periode 2020-2023 melakukan pertemuan dengan pimpinan KPK periode 2016-2019 dan pejabat struktural di KPK, Selasa (17/12/2019).

Ketua KPK terpilih yang baru, Firli Bahuri mengaku bersama empat pimpinan baru menjalani program induksi.

Program ini semacam perkenalan tata laksana organisasi maupun yang berkaitan dengan tugas dan hak-hak pimpinan KPK.

Baca juga: Saat Firli Irit Bicara Jelang Pelantikannya sebagai Ketua KPK...

 

Dalam induksi itu, pimpinan baru mendengar penjelasan dari semua pihak di internal KPK. Ini juga disebut sebagai fase perkenalan.

"Ya induksi saja, ini secara umum (membahas) semua. Sesuai kesepakatan dengan pimpinan KPK, bahwa kami berlima pimpinan KPK periode 2019 2023 lebih ingin dekat dengan KPK sehingga program induksi yang dilakukan lebih awal, dalam rangka menggali dan berbagi dari KPK dengan calon pimpinan yang baru," kata Firli saat keluar dari Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Menurut Firli, hal-hal yang dibahas bersifat umum, seperti apa itu KPK, tujuan KPK, tugas pokok dan fungsi pimpinan KPK, program-program kerja KPK secara umum, dan organ-organ pelaksana KPK.

"Itu yang hari ini dijelaskan, belum ada yang lain. Sudah pasti kita kan ingin bagaimana melaksanakan tugas pokok di KPK itu nanti dalam rangka pemberantasan korupsi," kata dia.

Firli juga menegaskan, hari ini belum membahas terkait perkara-perkara yang ditangani KPK.

"Belum sempai ke sana, jangan menanya yang belum dibahas, besok masih ada, sampai Kamis (bertemu dengan jajaran KPK)," kata Firli.

Baca juga: Pimpinan KPK Berharap Firli Cs Tak SP3 Kasus yang Belum Tuntas

Ia juga enggan menjawab lebih jauh saat ditanya apa saja yang akan ia lakukan setelah resmi dilantik.

"Nanti dulu, kita belum tanya itu. Yang ditanya yang hari ini aja dulu ya, oke, ya," kata dia.

Firli memperkirakan, ia bersama Wakil Ketua KPK terpilih, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron dan Nawawi Pomolango dilantik pada Jumat (20/12/2019) mendatang.

"Saya belum tahu karena belum ada pemberitahuan, tapi informasi dari protokol KPK pelantikan akan dilaksanakan hari Jumat, tapi hari ini saya belum dapat undangan resminya, nanti kita tunggu," kata dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X