Ini Kata Kemendagri soal Dua Istri Wabup Blitar Jadi Kades

Kompas.com - 17/12/2019, 17:42 WIB
Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2016). Dian Erika/KOMPAS.comPlt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri tidak mempersoalkan dua istri Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo yang dilantik sebagai kepala desa di Kecamatan Talun, Blitar, Jawa Timur.

"Tidak ada (aturan terkait hal itu). Pilkades dipilih langsung masyarakat sesuai UU Desa," ujar Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar kepada Kompas.com, Selasa (17/12/2019).

Baca juga: Dua Istri Wabup Blitar Dilantik Menjadi Kades

Dengan demikian, jabatan yang diemban keduanya tetap sah.

"Sah (jabatannya) dan tidak ada masalah," kata dia.

Bahtiar menambahkan, lagi pula tugas istri wakil bupati tidak tumpang tindih dengan tugas sebagai kepala desa.

Ia mencontohkan salah satu tugas istri wakil bupati, yakni mengurus organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Tugas itu tidak bersinggungan dengan tugas seorang kepala desa.

"Tidak (tumpang tindih). PKK adalah lembaga sosial kemasyarakatan dan kegiatan bersifat sosial kemasyarakatan, bukan jabatan administrasi pemerintahan," kata Bahtiar.

Baca juga: Selama Setahun Siswa SMP di Blitar Dibully dan Dianiaya Teman Kelas, Dada Nyeri hingga Enggan Sekolah

Diberitakan, dua orang istri Marhaenis Urip Widodo, yakni Halla Unariyanti (48) dan Fendriana Anitasari (33), kembali terpilih menjadi kepala desa di Kecamatan Talun, Blitar, Jawa Timur, dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak.

Halla Unaryanti adalah istri pertama Urip yang terpilih kembali menjadi Kepala Desa Bendosewu. Sementara Fendriana terpilih lagi menjadi Kepala Desa Wonorejo. 

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X