Kinerja Jokowi Dinilai Pengaruhi Elektabilitas Gibran di Pilkada Solo

Kompas.com - 16/12/2019, 21:04 WIB
Putra sulung presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menyalami para pedagang saat blusukan ke Pasar Gading di Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/12/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIPutra sulung presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menyalami para pedagang saat blusukan ke Pasar Gading di Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Media Survei Nasional (Median) Rico Marbun mengatakan, kinerja Presiden Joko Widodo ( Jokowi) bisa memengaruhi elektabilitas Gibran Rakabuming Raka pada Pilkada Kota Solo 2020.

Hal ini merujuk hasil survei terhadap responden yang menyatakan mendukung Gibran di Pilkada Kota Solo.

"Jadi kami bisa mengatakan bahwa mungkin dalam sembilan bulan ke depan, kinerja Pak Jokowi akan memengaruhi pilihan (masyarakat) terhadap Gibran," ujar Rico dalam rilis survei "Pilkada Kota Solo: Mengukur Elektabilitas di Tengah Isu Dinasti Politik", di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019).

Berdasarkan hasil survei Median, responden mendukung Gibran maju pada Pilkada Solo karena figur muda (27,3 persen), putra presiden (18,5 persen), dan punya kompetensi sebagai pelaku usaha kreatif (13 persen).

Baca juga: Survei Median: Pemilih PDI-P di Solo Terbelah, Elektabilitas Gibran di Bawah Petahana

Jika dihadapkan pada elektabilitas calon wali kota petahana, Achmad Purnomo, menurut Rico, Gibran memiliki peluang untuk lebih unggul. 

"Jangan lupa waktunya masih panjang, masih sembilan bulan ke depan sehingga (Gibran) masih bisa menyalip. Apalagi pemilih PDI-P itu juga terbelah," ujar Rico.

Menurut dia, pemilih PDI-P terbelah menjadi dua kubu, yakni yang cenderung struktural dan pemilih yang cenderung kultural. 

Pemilih struktural, kata Rico, cenderung merujuk kepada calon-calon yang memiliki jabatan struktural di partai.

Sebaliknya, pemilih kultural merujuk kepada pengalaman sebelumnya.

"Kita tahu Pak Jokowi itu ya bukan pengurus teras PDI-P, Gibran pun juga demikian, tetapi dia punya massa. Ini yang harus dipertimbangkan baik-baik oleh PDI-P," ucap Rico.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X