Teten Masduki: Warung Menopang 60 Persen Ekonomi Nasional

Kompas.com - 14/12/2019, 22:16 WIB
Teten Masduki KOMPAS.com- BUDIYANTOTeten Masduki

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki mengatakan, warung menjadi penopang lebih dari 60 persen ekonomi nasional.

Oleh karena itu Teten Masduki mengajak berbagai pihak untuk memberikan dukungan terhadap keberlangsungan warung di era digital.

"Pemilik-pemilik warung adalah bagian dari pegiat usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM) yang berkontribusi lebih dari 60 persen terhadap ekonomi negara. Keberadaan mereka perlu kita apresiasi," ujar Teten di acara Gerakan Warung Nasional di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/12/2018).

Salah satu dukungan itu, tutur Teten, dapat dilakukan melalui pemanfaatan teknologi.

Baca juga: Teten Masduki: Tahun 2020 Diusahakan Tidak Ada Impor Cangkul

Pemerintah mengharapkan pejuang ekonomi lewat warung mampu beradaptasi dengan perkembangan era dan terus mengambil bagian dalam menyokong perekonomian Indonesia.

"Kami mendukung tumbuh kembangnya inovasi dalam memajukan ekosistem warung di Indonesia yang dilakukan oleh berbagai pihak," ucapnya.

Pihak yang dimaksud adalah toko daring atau e-commerce seperti Tokopedia dan Warung Pintar.

Penyedia layanan e-commerce itu juga diharapkan mampu membina warung dan UMKM lain agar lebih berdaya saing serta mendapatkan pasar yang lebih luas.

"Kami juga akan melibatkan kreator dari berbagai bidang untuk terjun langsung nanti mengembangkan UMKM ini. Kami sedang mempersiapkan program yang sangat ambisius, karena Pak Presiden Jokowi sangat berharap struktur ekonomi Indonesia semakin baik lewat usaha kecil," ucap Teten.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X