Keluarga Jokowi Maju di Pilkada, PAN Anggap Itu Hak Warga Negara

Kompas.com - 06/12/2019, 10:37 WIB
Wakil Ketua Umum PAN Totok Daryanto Kompas.com / Dani PrabowoWakil Ketua Umum PAN Totok Daryanto
Penulis Dani Prabowo
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional ( PAN) Totok Daryanto menilai, anak dan menantu Presiden Joko Widodo, yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution memiliki hak yang sama sebagai warga negara.

Oleh karena itu, ia tak mempersoalkan jika keduanya berencana mencalonkan diri sebagai kandidat wali kota di daerah masing-masing.

"Anak saya saja boleh maju pilkada, anak tukang bakso boleh, anak presiden boleh, itu hak konstitusional," kata Totok di Kantor DPP PAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2019).

Baca juga: Pengamat Politik: Gibran Terlalu Ngebet Maju Pilkada Solo


Lebih jauh, ia meminta, agar persoalan majunya anak petinggi negeri ini ke kontestasi daerah tak dikaitkan dengan persoalan dinasti politik.

"Enggak usah jauh-jauh ngomong dinasti politik, itu kan hak warga negara. Orang kamu saja boleh, kok, apalagi anak presiden," ujar dia.

Sebelumnya, putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa dia akan mendaftarkan diri sebagai calon wali kota Surakarta pada Pilkada Solo 2020 melalui DPD PDI-P Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Gibran seusai mengisi talkshow bisnis di The Sunan Hotel Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/11/2019).

"Saya (daftar) di Semarang," kata Gibran.

Baca juga: Gerindra Atur Pertemuan untuk Jodohkan Gibran dengan Cucu Bung Karno dalam Pilkada Solo

Mengenai waktu dirinya akan mendaftar, Gibran mengaku masih menunggu informasi dari DPD PDI-P Jateng.

Sementara itu, dilansir dari Kompas TV, menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution, telah membulatkan tekad untuk terjun ke politik.

Diketahui, suami dari Kahiyang Ayu ini telah maju sebagai calon wali kota Medan, Sumatera Utara, pada Pilkada Medan 2020.

Bobby Nasution telah mengembalikan formulir pendaftaran ke DPD PDI-P Sumatera Utara.

Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris DPD PDI-P Sumatera Utara Soetarto. Bobby Nasution mengunjungi kantor DPD PDI-P Sumatera Utara pada Selasa, 3 Desember 2019.

Baca juga: Soal Bobby Nasution Jadi Wali Kota Medan, Partai Golkar Akan Adakan Pertemuan Ketiga

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X