Jelang Natal dan Tahun Baru, Polri Rancang Operasi Lilin

Kompas.com - 02/12/2019, 22:40 WIB
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (2/12/2019). KOMPAS.com/Devina HalimKepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (2/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Polri akan menggelar Operasi Lilin dalam rangka pengamanan libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Namun, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono mengatakan bahwa pihaknya masih merancang hal teknis mengenai operasi tersebut.

"Dari Mabes Polri nanti akan mengadakan Operasi Lilin 2019. Tentunya ini masih direncanakan, nanti H-7 pelaksanaannya," ungkap Argo di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (2/12/2019).

Baca juga: Jalur Ganda Kereta Api Difungsikan, Antisipasi Lonjakan Penumpang Natal dan Tahun Baru

Polisi masih menunggu laporan perkiraan keadaan (kirka) dari bagian intelijen. Setelah itu, barulah Asisten Operasional Kapolri akan merencanakan operasi tersebut.

"Nanti dari Asops Kapolri akan merencakan pengamanannya, merencanakan berapa personel yang dilibatkan, baik itu dari tingkat Mabes Polri sampai tingkat daerah," tutur dia.

Nantinya, juga akan ditetapkan polda mana saja yang akan menjadi prioritas.

Baca juga: Asyik! Tol Layang Jakarta-Cikampek Bisa Dilewati Jelang Natal dan Tahun Baru

Begitu pula dengan pengaturan lalu lintas, antisipasi tindak kejahatan, serta pengamanan di tempat rekreasi dan tempat ibadah.

Sementara itu, terkait daerah mana saja yang menjadi perhatian, Argo menuturkan bahwa masing-masing daerah akan melaporkan pemetaan daerahnya terlebih dahulu.

"Nanti semua polda kan akan melaporkan, mengidentifikasi. Tentunya kami berharap bahwa kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, aman, dan tidak terjadi apapun," ungkap Argo.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X