Ditinjau Jokowi, Jalan Non-Tol Akses Pelabuhan Patimban akan Rampung Juni 2020

Kompas.com - 29/11/2019, 20:32 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan disela penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian dan Lembaga, serta Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/11/2019). Presiden mengatakan bahwa DIPA yang ditransfer ke kementerian dan lembaga sebesar Rp909 Triliun dan Rp556 triliun untuk pemerintah daerah beserta dana desa secepatnya digunakan terutama untuk belanja modal. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pd. ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARIPresiden Joko Widodo menyampaikan arahan disela penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian dan Lembaga, serta Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/11/2019). Presiden mengatakan bahwa DIPA yang ditransfer ke kementerian dan lembaga sebesar Rp909 Triliun dan Rp556 triliun untuk pemerintah daerah beserta dana desa secepatnya digunakan terutama untuk belanja modal. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pd.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mengunjungi Pelabuhan Patimban, Presiden Joko Widodo ( Jokowi) juga meninjau pembangunan akses jalan menuju ke pelabuhan yang terletak di Kabupaten Subang, Jawa Barat itu.

Jalan non-tol sepanjang 8,2 kilometer tersebut dibangun pada Oktober 2018. Rencananya, jalan itu akan rampung pada Juni 2020 mendatang.

"Akses (ke Pelabuhan Patimban) juga tadi saya lihat dari atas sudah dikerjakan, hampir selesai. Selesai April, mundur-mundur Juni, lah," kata Jokowi usai meninjau seperti dikutip dari siaran pers Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima, Jumat (29/11/2019).

Akses jalan non-tol tersebut berada di Desa Kotasari, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang yang terbagi atas jalan elevated sepanjang 7,5 kilometer dan at grade sepanjang 0,7 kilometer.

Baca juga: Jokowi Ingin Pelabuhan Patimban Jadi Hub Besar Produksi Otomotif

Saat ini, progres fisiknya telah mencapai 55,8 persen dengan lahan yang berhasil dibebaskan mencapai 95 persen.

Pembangunannya menelan biaya cukup besar, yakni Rp 1,12 triliun.

Jokowi juga menginginkan akses jalan tersebut tersambung dengan jalan tol sepanjang 37 kilometer dari Tol Cipali untuk lebih memudahkan.

"Sehingga kecepatan dan efisiensi itu ada menuju ke pelabuhan ini," kata dia.

Adapun, Pelabuhan Patimban ini rencananya akan menjadi pelabuhan terbesar kedua setelah Tanjung Priok di Jakarta.

Jokowi mengatakan, total investasi yang dibutuhkan agar pelabuhan tersebut selesai pada 2027 adalah sebesar Rp 50 triliun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X