Wapres: Produk Halal Bukan Hanya untuk Muslim, tapi Semua Masyarakat

Kompas.com - 27/11/2019, 12:06 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin saat membuka Konferensi Halal di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIMWakil Presiden Maruf Amin saat membuka Konferensi Halal di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur
|
Editor Bayu Galih

MALANG, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta produk halal tidak hanya dapat dinikmati oleh umat Muslim di Indonesia. Ia meminta produk halal dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia tanpa memandang perbedaan agama.

Hal itu disinggung Wapres saat membuka Konferensi Internasional Halal and Thoyyib di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Rabu (27/11/2019).

"Pengembangan produk halal juga harus bersifat universal. Saya mengharapkan produk halal bukan hanya untuk masyarakat Muslim, tetapi dapat bagian integral dari kehidupan masyarakat Indonesia, tanpa memandang perbedaan yang ada," ujar Ma'ruf Amin.

Ia menambahkan, visi pengembangan produk halal sebagai bagian dari pengembangan ekonomi dan keuangan syariah juga harus menjadi pilihan rasional.


Baca juga: Wapres Sebut Banyak Produk Mengeksploitasi Simbol Islam tetapi Berkualitas Rendah

Artinya, produk barang dan jasa halal dipilih bukan hanya karena status halalnya, tetapi juga karena kualitasnya yang terbukti unggul dan mampu memberi nilai tambah di masyarakat.

Ia pun menyinggung produk makanan yang telah mendapatkan sertifikasi halal.

Wapres meminta ke depannya produk tersebut tak hanya menunjukkan sertifikat halalnya, tetapi juga kualitas gizinya yang baik.

Dengan demikian, produk halal bisa diterima secara universal oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Pilihan yang rasional adalah pilihan yang memberikan manfaat dan nilai tambah yang lebih bagi masyarakat. Makanan yang bersertifikat halal seharusnya dipilih oleh seluruh masyarakat, bukan hanya karena kehalalannya," ujar Ma'ruf.

"Tetapi juga karena makanan tersebut merupakan makanan yang berkualitas, enak rasanya, sehat, bergizi, dan thoyyib (baik)," ujar dia.

Baca juga: Maruf Amin : Jangan Hanya Jadi Tukang Stempel Produk Halal...

Menurut Ma'ruf, demikian juga dengan barang dan jasa halal, yang semestinya dipilih karena kualitas dan keunggulannya.

"Bukan sekedar label halal yang direkatkan pada produk tersebut," ucap Ketua Umum MUI itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X