Sohibul Iman Tak Permasalahkan PKS Solo Usung Anak Jokowi di Pilkada

Kompas.com - 26/11/2019, 11:53 WIB
Presiden PKS Sohibul Iman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/11/2019). KOMPAS.com/HaryantipuspasariPresiden PKS Sohibul Iman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, pengurus DPP pusat memberikan kebebasan kepada DPD PKS Solo, Jawa Tengah untuk mengusung putra Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka sebagai calon kepala daerah di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Surakarta 2020.

Namun, kata dia, saat ini pihak DPP pusat belum menerima laporan apakah DPD PKS Solo akan mengusung Gibran di Pilkada 2020.

"Jadi biar aja itu menjadi dinamika di daerah. Karena kami memberi jaminan, silakan, mau berkoalisi dengan partai apapun, mau menokohkan siapapun, sesuai dengan suasana batin di sana," kata Sohibul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Baca juga: Gerindra Atur Pertemuan untuk Jodohkan Gibran dengan Cucu Bung Karno dalam Pilkada Solo

Sohibul mengatakan, untuk mengusung calon kepala daerah di Pilkada, DPD minimal memberikan dua nama kandidat ke DPP untuk dipilih kandidat mana yang akan diusung.

"Dari bawah itu ada syarat, mengusulkan ke DPP itu minimal 2 kandidat. Nah nanti DPP yang akan memilih di antara 2 itu. Kan belum tentu siapanya," ujarnya.

Sebelumnya, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Solo, Jawa Tengah, menyatakan dalam waktu dekat akan melakukan komunikasi politik dengan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka terkait Pilkada Solo 2020.

Baca juga: Gibran Akan Daftar Lewat PDI-P Jateng untuk Pilkada Solo 2020

Nama Gibran muncul dalam penjaringan eksternal DPD PKS Solo.

Tidak menutup kemungkinan PKS Solo akan memasangkan Gibran dengan Ketua DPD PKS Solo, Abdul Ghofar, yang merupakan kandidat kuat dari hasil penjaringan internal.

"Secara langsung memang kita belum pernah bertemu dengan Gibran. Tapi, dalam konteks kota, saya kira apa yang menjadi berita, apa yang menjadi gestur politik itu kan sesuatu yang juga saya kira masing-masing saling membaca," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pemilukada DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/11/2019).

"Saya kira dalam waktu dekat ini, komunikasi secara langsung (memungkinkan) dengan Mas Gibran," ujar Sugeng melanjutkan.

Baca juga: Gibran Blusukan, Achmad Purnomo: Saya Sudah Setiap Hari

Sugeng mengaku telah mengomunikasikan terkait munculnya beberapa nama di penjaringan baik internal maupun eksternal ke tingkat DPW PKS Jawa Tengah maupun tingkat DPP PKS.

Keputusan untuk mencalonkan nama-nama tersebut di Pilkada Solo 2020 diputuskan sepenuhnya oleh DPD PKS Solo.

"Komunikasi dengan struktural PKS jalan terus, dan di PKS struktur yang lebih tinggi itu sifatnya mangestoni (merestui). Pergerakan lokalnya itu hampir 100 persen diserahkan ke Solo," ungkap Sugeng.

Kompas TV Putra sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka menanggapi rencana DPC Gerindra yang ingin menduetkannya dengan putra Sukmawati Soekarno Putri, Paundra Karna Sukma Putra. Gibran mengaku belum berkomunikasi terkait rencana ini baik dengan Gerindra maupun dengan Paundra Karna. Gibran menegaskan jika dirinya hingga kini masih berupaya untuk maju di Pilkada Kota Solo 2020 mendatang lewat jalur DPC PDI-P Kota Solo. Terkait siapa pasangannya di Pemilihan Wali Kota Solo 2020 Gibran menunggu hasil rekomendasi dari PDI Perjuangan. Usaha Gibran Rakabuming Raka untuk maju ke Pilwalkot Solo 2020 terus mendapatkan dukungan dari sejumlah partai. DPC Partai Gerindra Kota Solo, Jawa Tengah turut melirik Gibran untuk dipasangkan dengan Paundra Karna. Meski demikian komunikasi antar partai belum terjadi hingga saat ini. #Gibran #PaudraKarna #PilkadaSolo
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.