Meski Restu Amien Rais Pengaruhi Bursa Caketum, PAN Diingatkan soal Elektabilitas ke Depan

Kompas.com - 25/11/2019, 09:25 WIB
Logo PAN googleLogo PAN

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro menilai, restu Amien Rais terhadap calon ketua umum PAN masih berpengaruh walaupun belum tentu bisa mendongkrak elektabilitas PAN ke depan.

"Ada pengaruhnya, masih berpengaruh (restu Amien Rais), tetapi terkait daya dongkraknya apakah mampu mendongkrak elektoral PAN itu dipikirkan betul karena makin kompetitif ke depan, takutnya PAN terlempar juga," kata Siti Zuhro saat ditemui di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (24/11/2019).

Siti juga mengatakan, pengaruh Amien Rais masih kuat dalam pemilihan ketua umum PAN nantinya walaupun sudah berkurang dari waktu ke waktu.

Baca juga: Pengamat Nilai Restu Amien Rais Penentu Kemenangan Calon Ketum PAN


Amien Rais, kata dia, tetap memikirkan bagaimana nasib dan prospek PAN ke depan mengingat pada Pemilu 2024 mendatang bukan hal yang mudah bagi partai berlambang matahari putih tersebut.

"Karena itu beliau (Amien Rais) akan mempertimbangkan dari sosok yang muncul (sebagai calon ketua umum) itu siapa sosok yang paling bisa nanti membuat mendongkrak elektoral PAN, tidak sekedar perfamilian dan lain sebagainya," kata dia.

Diketahui, kandidat ketua umum PAN sejauh ini sudah ada empat orang, yakni mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur; putra tertua Amien Rais, Hanafi Rais.

Baca juga: Hanafi Rais Masuk Bursa Caketum PAN, Pengamat: Bisa Dipastikan Siapa yang Menang

Kemudian, Wali Kota Bogor Bima Arya dan mantan Ketua Fraksi PAN di DPR, Mulfachri Harahap. Jika Zulkifli Hasan maju kembali, jumlahnya akan menjadi lima orang.

"Jadi menurut saya itu yang harus dipikirkan, siapa yang mampu meyakinkan Pak Amien Rais bahwa PAN akan terdongkrak elektoralnya ketika di bisa menjabat jadi ketua umum," kata dia.

Kongres PAN sendiri rencananya akan dilangsungkan pada Maret 2020. Namun, kepastian tanggal pelaksanaan akan diputuskan pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan dilaksanakan pada 6 Desember mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X