Survei Indonesia Political Opinion: 64 Persen Masyarakat Optimistis akan Kinerja Kabinet Jokowi

Kompas.com - 23/11/2019, 16:45 WIB
Peneliti Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah di Ibis Hotel Tamarin, Menteng, Jakarta, Sabtu (23/11/2019). KOMPAS.com/HaryantipuspasariPeneliti Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah di Ibis Hotel Tamarin, Menteng, Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah memaparkan hasil surveinya terkait respons publik terhadap susunan Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf.

Ia mengatakan, 64 persen masyarakat optimistis Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf dapat membawa perubahan yang lebih baik.

"Publik lebih percaya bahwa Indonesia dengan komposisi kabinet sekarang optimis, itu ada sekira 64 persen Menurut saya itu sangat tinggi," kata Dedi dalam dalam diskusi 'Efek Milenial di Lingkaran Istana' di Ibis Hotel Tamarin, Menteng, Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Baca juga: Pelaku Pasar Tunggu Gebrakan Kabinet Jokowi-Maruf Amin

Dedi mengatakan, optimisme masyarakat cukup tinggi karena Jokowi menunjuk nama-nama baru dalam kabinetnya, seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Mendikbud Nadiem Makarim.

"Optimisme muncul karena liat tokoh yang masuk, terutama generasi baru seperti Nadiem Makarim, Whisnutama, dan Erick thohir. Kemudian menteri-menteri yang punya kredibilitas semacam Sri mulyani, dan Mahfud MD," ujar dia.

Survei ini dilakukan pada 30 Oktober-2 November 2019 dengan responden yang tersebar di 27 provinsi di Indonesia.

Baca juga: Ketua DPR: Menteri Kabinet Jokowi Tak Ada yang Berani Ambil Cuti Liburan

Survei ini menggunakan metode purposive sampling yang melibatkan 800 responden dengan margin of error +/- 4,5 persen (pada tingkat kepercayaan 95 persen).

"Pengumpulan data wawancara jaringan menggunakan kuesioner, berbasis teknologi informasi modern," ucap dia. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X