Fasilitasi Pengusaha, Pemerintah Bakal Siapkan "Apparel Park"

Kompas.com - 21/11/2019, 18:09 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat peresmian Jalan Tol Trans Sumatera Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di Kilometer 240 Mesuji, Lampung, Jumat (15/11/2019). Ruas Jalan Tol Trans Sumatera tersebut merupakan tol terpanjang yang diresmikan presiden dengan total panjang 189 kilometer. ANTARA FOTO/ARDIANSYAHPresiden Joko Widodo memberikan sambutan saat peresmian Jalan Tol Trans Sumatera Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di Kilometer 240 Mesuji, Lampung, Jumat (15/11/2019). Ruas Jalan Tol Trans Sumatera tersebut merupakan tol terpanjang yang diresmikan presiden dengan total panjang 189 kilometer.
Penulis Dani Prabowo
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah berencana menyiapkan sebuah kawasan industri yang dikhususkan bagi sektor tekstil.

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo saat bertemu pengurus Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) dan Asosiasi Produsen Serat Sintetis dan Benang Filamen Indonesia (APSyFi) di Istana Merdeka, Kamis (21/11/2019).

Baca juga: Jokowi Bertemu Pengusaha Tekstil, Bahas Upaya Peningkatan Ekspor


Pertemuan tersebut merupakan pertemuan lanjutan setelah Presiden bertemu kedua asosiasi ini pada September 2019 lalu.

“Kita sudah mulai siapkan satu, sebuah kawasan atau yang dulu ingin dibangun adalah Apparel Park atau sebuah kawasan untuk dari mulai bahan baku sampai nantinya industrinya semuanya berada di satu tempat,”ucap Presiden saat membuka pertemuan seperti dilansir dari laman Setkab.go.id.

Tak hanya mengumpulkan pelaku usaha tekstil di satu tempat, menurut Jokowi, tujuan dari pembangunan apparel park yakni untuk meningkatkan kuantitas ekspor.

Baca juga: Jadi Stafsus Jokowi, Siapa Aminuddin Maruf?

Selain itu, ia juga berharap, kehadiran apparel park juga dapat meningkatkan investasi di sektor ini.

"Termasuk juga nanti Bu Menkeu berkaitan pusat logistik berikat di mana ternyata di situ banyak masuk barang-barang yang diproduksi oleh industri tekstil kita yang menjadi pesaing berat pada saat dijual di pasar," ucap Jokowi. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X