Kompas.com - 21/11/2019, 14:48 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan, pemuda harus menjadi sasaran dalam penerapan pendidikan karakter.

Hal tersebut disampaikan Muhadjir saat mengukuhkan Ekspedisi Bakti Pemuda PMK di Lapangan Rindam IV Diponegoro, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (21/11/2019).

"Tidak hanya di sekolah-sekolah dan madrasah-madrasah, tetapi seluruh komponen masyarakat, termasuk pemuda harus menjadi sasaran dari pembentukan atau pendidikan karakter, terutama karakter kebangsaan," kata Muhadjir.

Baca juga: Bukan Basa-basi, Perkuat Pendidikan Karakter Lewat Jalur Seni Budaya

Terlebih lagi, pendidikan karakter sudah memiliki payung hukum yang kuat, yakni Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017.

Salah satu kegiatan pendidikan karakter adalah Ekspedisi Bakti Pemuda PMK yang baru pertama kalinya dilakukan dengan daerah percobaan pertama Provinsi Jawa Tengah.

Berdasarkan perpres tersebut, ada lima hal yang ditekankan dalam hal pendidikan karakter.

Baca juga: KG Music Club, Pendidikan Karakter lewat Keterampilan Musik

"Pertama keagamaan. Itu akan lebih ditekankan pada aspek toleransi, menghargai keyakinan orang lain," kata Muhadjir.

"Kedua, nasionalisme kebangsaan. Ketiga, kemandirian. Kita disiapkan agar generasi kita punya jiwa kemandirian. Keempat, integritas dan terakhir karakter gotong royong, itu ciri khas Indonesia," terang dia.

Pendidikan karakter itu salah satunya juga untuk menangkal radikalisme dan ideologi dari luar.

 

Kompas TV Google Indonesia merilis fitur terbaru beberapa aplikasi. Informasi inovasi ini dikemas dalam bentuk interaktif pada arena Google Taman Ria. Di arena ini, pengunjung mampu memperoleh pengalaman menggunakan fitur terbaru beberapa aplikasi google. Dengan tampilan instalasi yang sangat instagrammable inovasi ini mencakup aplikasi Google Maps dengan fitur Stay safer serta google lens yang mampu mendeteksi informasi benda lewat gambar. #googleindonesia #fiturterbarugoogle
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.