Cak Imin Lobi Parlemen Eropa Buka Blokir Sawit

Kompas.com - 20/11/2019, 22:34 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (30/8/2019). KOMPAS.com/HaryantipuspasariKetua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (30/8/2019).
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar berupaya melobi melobi partai-partai yang tergabung dalam Parlemen Eropa untuk membuka blokir produk kelapa sawit.

Dengan begitu, hasil kerja dari 16 juta buruh perkebunan kelapa sawit di Indonesia bisa kembali masuk ke Eropa.

Upaya lobi ini dilakukan saat Muhaimin bertemu Wakil Ketua DPR Krosia Zeljko Reiner di sela acara European People's Party (Partai Masyarakat Eropa) di Zagreb, Kroasia, Rabu (20/11/2019).

"Pak Zeljko sebagai ketua partai Croatian Democratic Union/CDU akan membantu melobi partai-partai di Parlemen Eropa soal nasib 16 juta buruh sawit Indonesia," kata Muhaimin dalam siaran pers kepada media, Rabu.

Baca juga: Muhaimin Iskandar Mangkir dari Pemeriksaan KPK

Dalam pertemuan dengan Muhaimin tersebut, Zejlko juga didampingi oleh jajaran anggota parlemen dari anggota partai CDU.

Adapun CDU adalah partai penguasa di negara pecahan Yugoslavia itu. 

"Saya menyampaikan ajakan untuk terus menjalin kerja sama dengan parlemen dan pemerintah Indonesia. Selain itu, secara khusus saya minta Pak Zejlko menjembatani Indonesia dalam mengkomunikasikan kepentingan industri sawit kita dan biofuel nya kepada forum EPP," ucap Cak Imin.

Kroasia saat ini menjadi tuan rumah pertemuan partai-partai se-Eropa. Adapun Indonesia diundang sebagai salah satu peserta.

"Sebagai tuan rumah, posisi tawarnya tentu cukup kuat. Jadi saya minta dijembatani ke Uni Eropa. Sekalian kulonuwun, begitu, "kata Cak Imin.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X