Jepang Ingin Terlibat Pemindahan Ibu Kota, Presiden Jokowi "Welcome"

Kompas.com - 20/11/2019, 18:22 WIB
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Ketua Asosiasi Jepang-Indonesia (Japinda) yang juga merupakan mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/11/2019). KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Ketua Asosiasi Jepang-Indonesia (Japinda) yang juga merupakan mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/11/2019).
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pengusaha kakap Jepang menyatakan tertarik untuk terlibat langsung dalam proyek pemindahan Ibu Kota Negara RI. Presiden Jokowi pun menyambut baik keinginan Jepang itu.

Hal itu terjadi saat Jokowi menerima kunjungan kehormatan Ketua Asosiasi Jepang-Indonesia (Japinda) yang juga merupakan mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Fukuda datang bersama beberapa delegasi dari Japinda ditambah belasan perwakilan perusahaan besar Jepang.

Baca juga: Jokowi Bertemu Pengusaha Jepang, Bahas Proyek MRT hingga Ibu Kota Baru


Sementara itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Seskab Pramono Anung.

Menteri Basuki mengatakan, dalam pertemuan itu, para pengusaha Jepang menyatakan keinginannya terlibat pembangunan ibu kota baru di Kutai Kartanegara-Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur.

"Mereka ingin membantu terlibat dalam pemindahan Ibu Kota Negara karena mereka punya pengalaman," kata Basuki.

"Disambut oleh presiden, welcome," ucap Basuki.

Namun, Basuki mengatakan, sampai saat ini belum ada kesepakatan Jepang akan membantu dalam hal apa.

Sebab, mereka baru menyatakan ketertarikannya. Detail kerja sama akan dibahas lebih jauh dalam kesempatan lain.

"Beliau hanya menyampaikan nanti akan bicara detiail lagi, tapi beliau menyampaikan kepada Presiden bahwa mereka berniat untuk sharing pengalaman memindahkan ibu kota dan membangun kota baru," ujar Basuki.

Baca juga: Luhut Kaget Banyak Investor Asing Tertarik Megaproyek Ibu Kota Baru

Basuki meyakini kerja sama dengan Jepang dalam pembangunan ibu kota baru ini bisa terjalin.

Sebab, selama ini Indonesia-Jepang juga sudah banyak menjalin kerja sama, mulai dari pembangunan MRT hingga pelabuhan Patimban.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X