Kompas.com - 12/11/2019, 15:12 WIB
Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Dwi Wahyu Atmaji. Dok. Humas Kementerian PANRB Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Dwi Wahyu Atmaji. Dok. Humas Kementerian PANRB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memastikan akan mendepak langsung peserta tes CPNS yang memosting anti-NKRI dan Pancasila di media sosial (medsos).

Sekretaris Kemenpan RB Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, pemerintah akan memantau medsos semua peserta tes CNPS.

Tujuannya adalah untuk menangkal peserta yang bertentangan dengan ideologi dan konstitusi negara.

Baca juga: Kemensetneg Buka Seleksi CPNS, Ini Daftar Formasi dan Persyaratannya

"Pokoknya anti-NKRI, (anti) Pancasila, tidak lolos," ujar Dwi usai penandatanganan bersama dengan 12 kementerian dan lembaga negara di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Setiawan mengatakan, sebelum pelaksanaan tes CPNS, pihaknya sudah meminta Polri untuk membantu proses screening peserta CPNS.

Salah satunya yakni menyasar pada Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Baca juga: Sebelum Mendaftar, Simak Dulu Persyaratan CPNS 2019 Kota Bekasi

Menurutnya, faktor hasil penelusuran SKCK juga menjadi pertimbangan lolos tidaknya peserta CPNS.

"Lalu di dalam tes SKB (seleksi kompetensi bidang), itu diharapkan masing-masing instansi melakukan penelusuran rekam jejak para calon dengan berbagai cara, salah satunya pemantauan medsos," kata Dwi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.