Jubir Presiden Tegaskan Jokowi Netral di Munas Golkar

Kompas.com - 12/11/2019, 14:26 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) menekan layar saat membuka peringatan HUT ke-55 Partai Golkar di Jakarta, Rabu (6/11/2019). Peringatan tersebut mengambil tema 55 Tahun Bersatu Untuk Negeri, Berkarya Untuk Bangsa. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATPresiden Joko Widodo (kiri) bersama Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) menekan layar saat membuka peringatan HUT ke-55 Partai Golkar di Jakarta, Rabu (6/11/2019). Peringatan tersebut mengambil tema 55 Tahun Bersatu Untuk Negeri, Berkarya Untuk Bangsa. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman, menegaskan bahwa Presiden Jokowi netral di bursa calon pemilihan ketua umum Partai Golkar.

Jokowi tak akan memihak kepada salah satu calon. Sebab, urusan internal partai politik tak boleh dicampuri oleh Presiden.

"Presiden di Hari Pahlawan 10 November 2019 di TMP Kalibata menyatakan tidak akan mencampuri urusan internal partai politik," kata Fadjroel saat dihubungi Kompas.com, Selasa (12/11/2019).

Spekulasi Jokowi mendukung calon ketua umum petahana Airlangga Hartarto sebelumnya mencuat setelah Jokowi melontarkan pujian kepada Menko Perekonomian itu.


Baca juga: Munas Golkar, Pujian Jokowi Menguatkan Posisi Airlangga Hartarto

Pujian itu dilontarkan Jokowi saat menghadiri HUT Partai Golkar, Rabu (6/7/2019) malam.

Saat itu Jokowi memuji Airlangga sebagai ketua umum Golkar yang top karena berhasil meraih suara maksimal di Pileg 2019. Dia juga berhasil menempatkan sejumlah kadernya menjadi menteri.

Namun, Jokowi sebelumnya menegaskan bahwa pujian itu tak berkaitan dengan pemilihan ketum Partai Golkar yang akan segera digelar.

"Pak Airlangga memang ketua, saya sebut top kan boleh. Tapi itu (Munas) adalah urusan internal," kata Jokowi usai menghadiri upacara hari pahlawan di TMP Kalibata, Minggu (10/11/2019) lalu.

Baca juga: Sesuai Arahan Jokowi, Bamsoet Pastikan Munas Golkar Berjalan Aman dan Lancar

Munas Partai Golkar akan digelar di Jakarta pada 3-6 Desember mendatang. Sejauh ini ada dua calon yang sudah menyatakan akan maju di Munas Golkar.

Selain petahana Airlangga Hartarto, ada juga Bambang Soesatyo yang saat ini menjabat ketua MPR.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X