Menurut Saksi, Ini Alasan Eks Menag Lukman Hakim Ingin Haris Hasanuddin Lolos 3 Besar

Kompas.com - 06/11/2019, 17:05 WIB
Sidang pemeriksaan saksi untuk terdakwa mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (6/11/2019) KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMANSidang pemeriksaan saksi untuk terdakwa mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (6/11/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Nur Kholis Setiawan mengungkapkan, mantan Menag Lukman Hakim Saifuddin pernah menyampaikan alasan menginginkan Haris Hasanuddin lolos dalam tiga besar calon Kakanwil Kemenag Jawa Timur.

Hal itu dipaparkan Nur Kholis saat menjadi saksi untuk mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy, terdakwa kasus dugaan suap terkait seleksi jabatan di Kemenag Jawa Timur.

"Saya tentu tidak mungkin bertanya jauh apa alasannya karena relasi struktural. Tapi, yang saya ingat dan juga tertulis dalam BAP saya, beliau (Lukman) mengatakan dari 4 orang kandidat, beliau yang kenal hanya Haris. Yang lain beliau katanya enggak tahu," kata dia di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Baca juga: Fakta Sidang Romy: Saksi Sebut Lukman Hakim hingga Manipulasi Seleksi Jabatan di Kemenag...

Sementara, Nur Kholis sudah menginformasikan bahwa Haris ada di peringkat ke-4 berdasarkan penilaian.

Selain itu, ia juga menyampaikan ke Lukman bahwa ada surat imbauan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) agar tak melanjutkan seleksi lanjutan terhadap Haris.

Hal itu lantaran Haris pernah terkena sanksi disiplin.

Baca juga: Romy Disebut Minta Lukman Hakim Meloloskan Haris jadi Calon Kakanwil

"Terus? Apa tanggapan beliau? Maunya Haris Hasanuddin?" tanya Ketua Majelis Hakim Fahzal Hendri.

"Betul yang mulia. Tanggapan beliau tadi, seperti saya bilang, tetap. Karena alasan tahu orangnya, tahu performnya, tahu kinerjanya, udah jadi Plt Kakanwil Jawa Timur," kata dia.

"Jadi (Lukman) tetap ngotot?" tanya hakim Fahzal lagi.

"Enggeh. Jadi beliau hanya kenal Haris kemudian juga tahu pertormanya, kinerjanya, lalu sudah menjadi Plt Kakanwil Jatim, itu saja yang saya dengar," jawab Nur Kholis.

Baca juga: Saksi Akui Diminta Lukman Hakim Loloskan Haris Hasanuddin ke 3 Besar Calon Kakanwil Jatim

Hakim Fahzal pun bertanya ke Nur Kholis, apakah ada pesan khusus dari Romahurmuziy yang membuat Lukman ingin Haris lolos ke peringkat tiga besar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X