PKS Terbuka dengan Partai yang Ingin Oposisi, Sekalipun Punya Menteri di Kabinet

Kompas.com - 31/10/2019, 13:24 WIB
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2019). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOKetua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh melempar sinyal bakal mengambil sikap yang berbeda dengan pemerintah.

Surya juga mengisyaratkan akan sejalan dengan Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) yang kini menjadi oposisi.

Merespons hal ini, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan, pihaknya terbuka terhadap partai politik manapun yang ingin bergabung sebagai oposisi.

"Kalau PKS, siapa pun yang ingin menjadi kekuatan penyeimbang kita sambut dengan tangan terbuka. Karena posisi PKS jelas dari awal karena seluruh partai pengusung Prabowo-Sandi sebenarnya menjadi kekuatan penyeimbang, bahasa saya kami oposisi," kata Mardani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Baca juga: Wasekjen PDI-P Ingatkan Nasdem Jangan Berpolitik Dua Kaki

Mardani mengatakan, sekalipun partai yang ingin jadi oposisi ini menempatkan kadernya di kabinet, PKS tidak akan mempermasalahkannya.

Hal paling penting, partai tersebut mau berkomitmen sebagai penyeimbang pemerintah.

"Siapa pun, baik di dalam maupun di luar (pemerintahan), kalau memang mau jadi kekuatan penyeimbang, kami dengan tangan terbuka," ujar dia.

Menurut Mardani, jika Nasdem memang ingin bergandengan dengan PKS sebagai oposisi, tidak akan ada perbedaan ideologi yang mencolok.

Sebab, pada dasarnya ideologi PKS dan Nasdem sama, yaitu sama-sama mencintai bangsa. Bedanya, PKS melalui jalan religius, sedangkan Nasdem cenderung nasionalis.

Meski begitu, PKS tidak bisa memastikan apakah benar Nasdem bakal menjadi oposisi atau tetap bersama koalisi Jokowi.

Hal ini, kata Mardani, diserahkan sepenuhnya pada Nasdem.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X