Usai Bertemu Tito, Mahfud Sebut KKB di Papua Sudah Teridentifikasi

Kompas.com - 29/10/2019, 17:58 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (29/10/2019). KOMPAS.com/CHRISTOFORUS RISTIANTOMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ( Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan, dirinya bertemu Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk mencocokkan informasi soal politik dan keamanan, termasuk soal kondisi di Papua.

"Ya untuk mencocokkan informasi masalah politik dan keamanan, utamanya menyangkut Papua. Nah, situasi di Papua sekarang relatif lebih kondusif dan sudah dapat diidentifikasi pelaku gerakan kelompok kriminal bersenjata (KKB)," ujar Mahfud saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Mahfud menambahkan, ia bersama Tito membicarakan pembangunan kondusivitas politik di Papua, seperti soal pembentukan provinsi baru.

Baca juga: Mendagri Pastikan Papua Selatan Siap Jadi Provinsi Baru

Diakuinya, hingga saat ini dirinya belum memetakan secara komprehensif permasalahan di Papua. Sejauh ini, lanjut Mahfud, pendekatan keamanan dan budaya masih diutamakan.

"Ada pendekatan keamanan atau penegakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB). Kemudian untuk masyarakat ya lewat pendekatan kultural dan kemanusiaan," jelasnya.

Baca juga: Menghadap Mahfud MD, Tito Sampaikan Kondisi Terkini Papua

Sebelumnya, seusai pertemuan dengan Mahfud, Tito Karnavian menyebutkan, dirinya menjelaskan situasi Papua terkini usai dirinya mendampingi Presiden Joko Widodo yang melaksanakan kunjungan kerja ke Papua dan Papua Barat pada Jumat (25/10) hingga Senin (28/10).

"Setelah dilantik kan saya langsung ke Papua mendampingi Pak Presiden. Kemudian beliau (Mahfud) menanyakan masalah situasi Papua, jadi saya menghadap ke beliau untuk menjelaskan situasi Papua dan langkah-langkah ke depannya," paparnya kemudian.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X