Wapres: Selain Kuasai Ilmu Agama, Santri Harus Unggul di Sektor Lain

Kompas.com - 28/10/2019, 10:27 WIB
Wapres Maruf Amin menghadiri Santri Culture Night Carnival (SCNC) 2019 di Surabaya, Minggu (27/10/2019) malam. KOMPAS.COM/A. FAIZALWapres Maruf Amin menghadiri Santri Culture Night Carnival (SCNC) 2019 di Surabaya, Minggu (27/10/2019) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta para santri tak hanya ahli di bidang agama, tetapi juga di sektor lainnya.

Hal itu disampaikan Ma'ruf saat membuka Pagelaran Festival Budaya Santri Nusantara 2019 di Surabaya, Minggu (27/10/2019).

"Santri harus tampil jadi bagian dari sumber daya manusia yang tangguh dan unggul. Oleh karena itu selain menguasai agama, para santri harus bisa tampil di berbagai lapangan," kata Ma'ruf dalam pidato pembukaannya melalui keterangan tertulis dari Sekretariat Wakil Presiden, Senin (28/10/2019).

Baca juga: Sepekan Maruf Amin Menjabat Wapres...

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan bahwa visi pemerintah saat ini adalah membawa Indonesia menjadi negara maju.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang cerdas, produktif, dan berakhlak mulia.

Hal itu sejalan dengan upaya yang dilakukan pesantren, sehingga diharapkan agar santri bisa menjadi bagian dari SDM Indonesia yang tangguh.

Selain itu Ma'ruf memaparkan harapannya mengenai munculnya arus baru ekonomi Indonesia.

Menurut dia, ekonomi Indonesia saat ini masih didominasi pola lama pembangunan yang bersifat "top-down".

Wapres menyatakan, sudah saatnya Indonesia menjalankan pola ekonomi yang berbasis dari bawah.

"Pembangunan harus dilakukan dari bawah supaya ketimpangan dan kesenjangan bisa diperkecil dan dihilangkan," kata mantan Rais Aam PBNU itu.

Baca juga: Maruf Amin: Santri Benteng Pertahanan Negara dari Radikalisme dan Terorisme

Ma'ruf pun meminta santri mengambil peran dalam mewujudkan kemajuan ekonomi Indonesia seperti visi pemerintah.

Santri diharapkan dapat berperan menjadi pelopor dalam upaya mewujudkan arus baru ekonomi Indonesia. Untuk itu, Ma'ruf meminta santri dapat tumbuh mandiri dan berjiwa usahawan.

"Santri harus bisa hidup mandiri dan kuat. Santri kuat, santri mandiri maka negara juga akan kuat," kata dia. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X