Pilkada Solo, Gibran Rakabuming Diminta Megawati Ikuti Tahapan Partai

Kompas.com - 24/10/2019, 16:40 WIB
Gibran Rakabuming Raka saat tiba di kediaman Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariGibran Rakabuming Raka saat tiba di kediaman Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Salah satu yang dibicarakan adalah tentang rencana pencalonan sebagai calon wali kota Solo yang akan dilakukan Gibran dalam Pilkada Solo.

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto yang turut mendampingi pertemuan Gibran menyatakan, PDI-P memiliki mekanisme tersendiri dalam menjaring calon untuk dapat dimajukan dalam Pilkada Solo.

"Ada pemetaan politik, usul daerah, ada psikotes. Psikotes berlaku buat semua," ujar Hasto.

"Sekiranya Mas Gibran mendaftar, maka akan mengikuti tahapan-tahapan tersebut," kata dia.

Baca juga: Bertemu Megawati, Gibran Tegaskan Tak Maju Lewat Jalur Independen

Peluang Gibran saat ini dinilai kecil. Sebab, menurut Dewan Pimpinan Cabang PDI-P Kota Surakarta (Solo), sudah ada dua nama calon dari hasil penjaringan tertutup. Dua nama itu yakni Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa.

Surat penugasan keduanya bahkan telah dikirim ke Dewan Pimpinan Pusat PDI-P dan Dewan Pimpinan Daerah PDI-P untuk mendapatkan rekomendasi.

Meskipun sudah ada dua nama calon wali kota Solo yang diajukan DPC PDI-P, Hasto mengatakan, ada beberapa pintu lain.

Pintu pertama adalah DPC partai yang bisa diusulkan melalui pimpinan anak cabang (PAC). Pintu kedua adalah DPD partai tingkat provinsi dan DPP partai.

Kepada Gibran, kata dia, Megawati menyampaikan tahapan-tahapan pencalonan tersebut.

"Kami sudah mempunyai mekanisme kelembagaan dalam mempersiapkan pemimpin. Semua mengikuti hal yang sama karena prinsip kesetaraan yang dipakai PDI-P, maka Bu Mega menyampaikan tahapan-tahapan seperti itu," ucap Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X