Jadi Jaksa Agung, Burhanuddin Mengaku Baru Dihubungi Selasa Malam

Kompas.com - 23/10/2019, 18:57 WIB
Jaksa Agung, ST Burhanuddin sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOJaksa Agung, ST Burhanuddin sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri.
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaksa Agung ST Burhanuddin mengaku baru dihubungi Presiden Joko Widodo Selasa (22/10/2019) malam.

Ia mengaku dihubungi Jokowi sekitar pukul 18.30 WIB. Pantauan Kompas.com, Burhanuddin tak tampak di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin (21/10/2019) maupun Selasa.

Lazimnya, para calon menteri di Kabinet Indonesia Maju masuk ke Istana lewat pintu di Jalan Majapahit. Sebab gerbang depan hanya boleh dilewati Presiden, Wakil Presiden, dan tamu kenegaraan.

Baca juga: ST Burhanuddin Ditunjuk Jokowi Jadi Jaksa Agung

Sementara itu pintu di Jalan Veteran III hanya boleh dilewati pejabat tinggi negara. Hingga pukul 20.30 WIB, tak nampak Burhanuddin melewati pintu yang biasa dilewati para calon menteri Jokowi.

"iya, (dihubungi) 18.30 WIB," ujar Burhanuddin.

Saat ditanya langkah apa yang akan diambil untuk memimpin korps adhyaksa, ia mengatakan akan menyusun perencanaan terlebih dahulu.

Langkah itu diperlukan karena dia sudah relatif lama meninggalkan Kejagung. Burhanuddin pensiun sebagai jaksa sejak 2014. 

"Saya lihat dulu lah. Saya kan sudah lama ninggalin Kejagung. Harus dilihat dulu. Enggak bisa begitu aja dong. Saya harus lihat dulu. Kan sudah lama saya ninggalin Kejaksaan Agung," lanjut dia.

Presiden Joko Widodo menunjuk Burhanuddin sebagai Jaksa Agung dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Penunjukan ST Burhanuddin yang memimpin Korps Adhyaksa ini diumumkan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Pengumuman dilakukan tiga hari setelah Jokowi dilantik sebagai presiden di Gedung DPR/MPR kemarin, Minggu (20/10/2019).

Baca juga: Jaksa Agung ST Burhanuddin Pernah Jabat Komisaris Utama PT Hutama Karya

Sebelumnya, Jokowi telah memanggil calon menteri ke Istana Kepresidenan selama dua hari, Senin hingga Selasa kemarin.

Sejumlah orang yang dipanggil ke Istana Kepresidenan diketahui ada yang berasal dari partai politik, ada juga yang berasal dari kalangan profesional.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X