Suharso Manoarfa, Plt Ketum PPP yang PImpin Perencanaan Pembangunan

Kompas.com - 23/10/2019, 15:31 WIB
Plt Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa ketika ditemui di Resto Plataran, Jalan HOS Cokroaminoto, Kamis (18/4/2019). KOMPAS.com/JESSI CARINA Plt Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa ketika ditemui di Resto Plataran, Jalan HOS Cokroaminoto, Kamis (18/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan nama Suharso Monoarfa sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Suharso Monoarfa merupakan perwakilan dari partai politik. Sebab, saat ini dia adalah Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan.

Pengganti Muhammad Rohamurmuziy di PPP ini lahir di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat pada 31 Oktober 1954. Dia naik setelah Romahurmiziy terjerat operasi tangkap tangan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Suharso pun dikukuhan jadi Plt Ketua Umum PPP di Mukernas PPP yang berlangsung di Hotel Seruni, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/3/2019).

Baca juga: Sekjen PPP Nilai Suharso Monoarfa Cocok Jadi Menteri Ekonomi

Kiprah Politik Suharso di partai dan di dalam pemerintah sudah malang melintang. Ia pernah menjadi anggota DPR periode 2004-2009 dan terpilih kembali untuk periode 2009-2014 dari Partai Persatuan Pembangunan.

Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PPP.

Pada 19 Januari 2015, Suharso dilantik sebagai menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Namun, ia mengaku sudah mundur dari jabatan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Sebelumnya, dia juga pernah berada di dalam pemerintahan.

Suharso pernah dipercaya oleh Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Menteri Perumahan Rakyat di Kabinet Indonesia Bersatu II.

Dia menjabat selama hampir dua tahun yakni dari 22 Oktober 2009 sampai 19 Oktober 2011.

Kendati demikian, ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Perumahan Rakyat RI, karena alasan pribadi.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X