PR Tjahjo ke Tito Karnavian, Stabilitas Daerah hingga Pencegahan Korupsi

Kompas.com - 23/10/2019, 15:12 WIB
Serah terima jabatan Mendagri oleh Tjahjo Kumolo kepada Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).9 Kompas.com/Fitria Chusna FarisaSerah terima jabatan Mendagri oleh Tjahjo Kumolo kepada Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).9

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengucapkan selamat bekerja kepada Mendagri baru, Tito Karnavian.

Hal ini disampaikan Tjahjo saat serah-terima jabatan dirinya kepada Tito, usai pelantikan Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/10/2019).

"Saya menyampaikan ucapan selamat kepada Pak Tito, mengemban tugas sebagai Mendagri yang diberikan amanah oleh Bapak Presiden Joko Widodo," kata Tjahjo di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu.

Selama lima tahun menjabat, Tjahjo sadar banyak pekerjaannya yang masih kurang optimal. Akan tetapi, di tangan Tito, Tjahjo percaya persoalan dapat terselesaikan.

Baca juga: Jadi Mendagri, Ini Profil Tito Karnavian

Tjahjo menitipkan sejumlah PR kepada Tito untuk diselesaikan, salah satunya terkait stabilitas daerah.

Di daerah, masih banyak camat yang belum tahu adanya Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Babinsa Koramil, hingga tokoh adat dan agama. Padahal, bersama dengan unsur-unsur tersebut, stabilitas daerah dapat diciptakan.

"Saya yakin dengan Pak Tito yang selama ini sukses membangun audiensi dengan TNI dan pengalamannya di berbagai bidang selama di kepolisian sebagai Kapolri dapat membangun stabilitas di daerah. Sehingga dengan cepat stabilitas di daerah itu dapat terbangun dengan baik," ujar Tjahjo.

Baca juga: Eks Mendagri Tjahjo Kumolo Kini Jadi Menteri PAN RB

Tidak hanya itu, Tjahjo juga menitipkan perihal pencegahan korupsi kepala daerah kepada Tito.

Selama Tjahjo menjabat, ada lebih dari seratus kepala daerah terjerat Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK, padahal pencegahan korupsi sudah ia sampaikan.

Belum lagi, korupsi yang terjadi di tingkat DPRD provinsi, hingga pejabat eselon pemerintah daerah.

"Saya mohon lebih ditingkatkan mendukung Pak Tito. Ke depan tantangan akan semakin berat," ujar Tjahjo.

Tjahjo kemudian mengucapkan terima kasih kepada jajaran pejabat dan staf Kemendagri yang lima tahun ini telah mengemban tugas bersama-sama.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf jika ada ucapan atau perbuatannya yang kurang berkenan.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X