Zainudin Amali, Menpora Baru yang 'Akrab' dengan KPK

Kompas.com - 23/10/2019, 14:00 WIB
Politisi Golkar Zainudin Amali usai bertemu Presiden Joko Widodo membicarakan posisi menteri KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIMPolitisi Golkar Zainudin Amali usai bertemu Presiden Joko Widodo membicarakan posisi menteri

JAKARTA, KOMPAS.com - Zainudin Amali terpilih sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga dalam kabinet Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin periode 2019-2024.

Zainudin Amali lahir di Gorontalo, 16 September 1962. Dia dikenal sebagai anggota DPR RI dari Partai Golkar dan menjabat sebagai Ketua Komisi II DPR.

Dia mewakili Provinsi Gorontalo tahun 2004-2009 dan Provinsi Jawa Timur pada tahun 2009-2014.

Kemudian pada tahun 2019, dia terpilih kembali menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan yang sama.

Baca juga: Jokowi Tunjuk Politisi Golkar Zainudin Amali sebagai Menpora

Pada tahun 2009-2014, Zainudin pernah menjadi Wakil Ketua Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Golkar. Dia juga menjadi Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur periode 2013-2018.

Saat menjabat di Komisi VII DPR, dia pernah mengkritisi sistem industri dan pembangkit listrik yang dianggap masih mengalami kekurangan gas.

Selama di DPR, dia juga pernah dimutasi ke beberapa komisi, antara lain pada April 2015 dia ditugaskan di Komisi VIII yang membidangi agama, sosial dan pemberdayaan perempuan.

Pada Januari 2016, dia dimutasi lagi ke Komisi I DPR dan sempat ditugaskan menggantikan posisi Rambe Kamarulzaman sebagai Ketua Komisi II DPR-RI.

Komisi itu membidangi pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, aparatur dan reformasi birokrasi, kepemiluan, pertanahan dan reforma agraria.

Baca juga: Calon Menteri Zainudin Amali Diajak Diskusi Jokowi soal Pemuda dan Olahraga

Sebagai wakil rakyat, selain akrab dengan mutasi ke berbagai sektor, Zainudin juga akrab dengan aparat pemberantas korupsi.

Setidaknya, ia pernah beberapa kali diperiksa KPK terkait sejumlah kasus.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X