Edhy Prabowo, Orang Dekat Prabowo yang Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan

Kompas.com - 23/10/2019, 13:32 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOWakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo terpilih sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam kabinet Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin periode 2019-2024.

Sebelum pelantikan, nama Edhy Prabowo memang santer disebut-sebut sebagai calon menteri.

Edhy Prabowo lahir di Muara Enim, Sumatera Selatan pada 24 Desember 1971.

Tercatat, ia pernah masuk Akademi Militer pada 1991. Namun, karier militernya tak bertahan lama lantaran kena sanksi.

Baca juga: Edhy Prabowo Mengaku Siap Jika Ditunjuk Presiden Jokowi Jadi Menteri

Setelah keluar dari dinas kemiliteran, Edhy sempat berkenalan dengan Prabowo Subianto saat masih berpangkat letnan kolonel.

Sejak saat itu Edhy menjadi salah satu orang dekat dan kepercayaan Prabowo.

Pada 1997, Edhy berkuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo atas bantuan dari Prabowo. Ia juga sempat meneruskan kuliah di Swiss-German University.

Ia mulai aktif berorganisasi di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) pada 2005 dan menjabat sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan HKTI pada 2007.

Baca juga: PKS Khawatir Masyarakat Kecewa jika Gerindra Gabung Kabinet Jokowi

Selain HKTI, Edhy juga aktif mengurusui Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (PPSMI), Yayasan Pendidikan Kebangsaan dan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia.

Pada tahun yang sama, Edhy mendirikan perusahaan jasa keamaanan, PT Garuda Security Nusantara dan menjabat menjadi Presiden Direktur dan menjadi Komisaris di PT Kiani Lestari Jakarta, perusahaan kertas milik Prabowo.

Karier politiknya berawal saat Prabowo mendirikan Partai Gerindra pada 2008. Edhy dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Keuangan dan Pembangunan Nasional DPP Partai Gerindra.

Lantas, ia pun memutuskan ikut Pemilu Legislatif 2009 dari Daerah Pemilihan Sumatera Selatan I.

Baca juga: Susi: Pak Edhy Kenal KKP dengan Baik, Saya Yakin Laut Semakin Berdaulat

Setelah lolos, Edhy bertugas di Komisi VI DPR-RI yang membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi dan BUMN.

Periode 2014-2019, ia terpilih kembali dan menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPR-RI yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan dan pangan.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X