Airlangga Hartarto, Ketum Partai Golkar yang Pimpin Tim Ekonomi Jokowi

Kompas.com - 23/10/2019, 13:00 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengahadiri acara doa bersama yang digelar keluarga Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)di pendopo kediaman SBY, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Senin (3/6/2019). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOKetua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengahadiri acara doa bersama yang digelar keluarga Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)di pendopo kediaman SBY, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Senin (3/6/2019).
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Airlangga Hartarto dipilih kembali oleh Presiden Joko Widodo sebagai menteri. Kali ini, Airlangga memimpin tim ekonomi dan menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dalam Kabinet Indonesia Maju.

Pada Kabinet Kerja, Ketua Umum Partai Golkar ini menjabat Menteri Perindustrian sejak Juli 2016. Dia masuk kabinet di tengah-tengah karena terpilih untuk menggantikan Saleh Husin.

Sebelum masuk ke dunia politik, Airlangga mengawali karirnya sebagai pengusaha.

Ia pernah menjabat Presiden Komisaris PT Fajar Surya Wisesa Tbk, Bekasi pada 1987. Pada 1994, ia menjabat Presiden Komisaris PT Ciptadana Sekuritas.

Lalu, selanjutnya, ia menjabat Presiden Direktur PT Bisma Narendra. Kemudian pada 2004, ia menjabat Komisaris PT Sorini Corporation Tbk Pandaan, Malang.

Ia memulai karir politiknya sebagai anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar periode 2004-2009, 2009-2014, dan 2014-2019.

Pada 2018, Airlangga terpilih sebagai Ketua Umum Golkar secara aklamasi pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).

Airlangga terpilih sebagai ketua umum menggantikan Setya Novanto yang tersangkut kasus korupsi e-KTP.

Di bawah kepemimpinan Airlangga, Kementerian Perindustrian menjalankan program industri 4.0, yakni sebuah model industri yang mengoptimalisasikan teknologi informasi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X