Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pengumuman Kabinet Kerja Jilid 2, Puluhan Kemeja Putih Dibawa Masuk ke Istana

Kompas.com - 21/10/2019, 09:24 WIB
Ihsanuddin,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berencana memperkenalkan menteri Kabinet Kerja Jilid II pada Senin (21/10/2019) pagi ini.

Menjelang pengumuman nama-nama menteri, sejumlah staf Istana Kepresidenan Jakarta terlihat membawa kemeja putih yang masih terbungkus.

Dari pantauan Kompas.com, kemeja tersebut nampak masih baru. Namun demikian, para staf yang membawa kemeja putih itu tak menjelaskan untuk apa sejumlah kemeja tersebut.

Baca juga: Jokowi Perkenalkan Kabinet Senin Pagi, Ini Bocorannya

Mereka langsung masuk ke dalam kompleks Istana Negara

Kemeja putih yang dibawa berlengan panjang, seperti kemeja yang dipakai sehari-hari oleh Jokowi.

Saat Jokowi mengumumkan nama-nama menteri pada 2014 lalu, para menteri juga mengenakan kemeja putih ketika pertama kali diumumkan kepada publik.

Baca juga: Bertemu Relawan, Jokowi Akui Ada Menteri Asal Gerindra di Kabinet Kerja Jilid 2

Hingga berita ini diturunkan, pihak Istana Kepresidenan belum mengonfirmasi perihal kemeja putih yang dibawa masuk oleh sejumlah staf Istana tersebut.

Presiden Jokowi sebelumnya menyatakan susunan kabinet sudah rampung. Jokowi akan mengenalkan wajah-wajah baru yang akan membantunya dalam kabinet 2019-2024, Senin pagi ini.

Baca juga: Relawan Kecewa Jokowi Masukkan Gerindra ke Kabinet Kerja Jilid 2

Hal tersebut diutarakan Jokowi di Istana Kepresidenan sesaat sebelum bertolak ke kompleks parlemen untuk mengucapkan sumpah dan dilantik sebagai Presiden 2019-2024, Minggu kemarin.

"Sudah sudah rampung, sudah selesai. Nanti besok pagi, saya kenalkan. Besok pagi saya kenalkan. Nanti sorenya pak Ma'ruf Amin harus ke Jepang harus menghadiri penobatan kaisar," kata Jokowi.

Kompas TV Berikut tiga berita terpopuler yang terjadi pada Minggu, 20 Oktober 2019: <ol> <li>Jokowi dan Maruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024. Jokowi dan Ma&rsquo;ruf Amin mengucap sumpah jabatan di gedung DPR/MPR Senayan Jakarta. Jokowi dan Maruf Amin menyatakan siap memimpin Indonesia 5 tahun ke depan.</li> <li>Presiden Jokowi akan mengumumkan nama-nama menteri besok Senin, 21 Oktober 2019. Jokowi menyebut menteri dari partai politik berjumlah 16 orang. Komposisi menteri Kabinet Jokowi-Maruf Amin, 45% menteri dari parpol, 55% menteri dari profesional.</li> <li>Relawan Jokowi menyambut meriah pelantikan Jokowi-Maruf Amin di Monas, Jakarta Pusat. Relawan Jokowi datang dari berbagai kota. Mereka berkomitmen untuk terus mengawal pemerintahan Jokowi-Maruf Amin.</li> </ol> #pelantikanjokowimaruf #pelantikanpresidenwapres #menterijokowi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com