Kompas.com - 16/10/2019, 04:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2019, Sandiaga Uno, mengisyaratkan kembali bergabung dengan Partai Gerindra.

Melalui akun Instagramnya, Sandiaga mengunggah video dirinya mengenakan kaus berwarna hitam dengan tulisan Gerindra di bagian dada.

Kemudian di bagian caption, Sandiaga menulis, "SAYA KEMBALI" dengan tambahan emoticon tersenyum.

Baca juga: Sandiaga Uno: Saya Kembali…

Juru bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, membenarkan bahwa Sandiaga secara resmi telah menyatakan kembali bergabung dengan Partai Gerindra.

"Iya, tadi malam saya sudah ketemu Bang Sandi. Bang Sandi sudah resmi kembali ke Gerindra," ujar Dahnil saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/10/2019).

Diketahui, Sandiaga mundur dari keanggotaan partai berlambang burung garuda itu karena mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo pada Pilpres 2019.

Baca juga: Besok, Prabowo Akan Umumkan Resmi Kembalinya Sandiaga Uno ke Gerindra

Rencananya, Prabowo akan secara resmi mengumumkan kembalinya Sandiaga sebagai kader dalam konferensi nasional (konfernas) Partai Gerindra yang digelar di kediaman Prabowo di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019).

Awal mula bergabung

Sandiaga Uno pertama kali bergabung dengan Partai Gerindra pada 2015.

Saat itu, Prabowo memintanya untuk membantu di partai tersebut.

Hal tersebut ia sampaikan dalam program Satu Meja The Forum di Kompas TV, Rabu (29/8/2018).

Baca juga: Rujuk, Ini Perjalanan Karier Politik Sandiaga Uno Bersama Gerindra

Tak hanya Prabowo, ia mengaku menerima banyak tawaran untuk bergabung dengan partai politik ketika masih menjadi pengusaha.

"Waktu pembicaraan dengan Pak Prabowo di awal, waktu beliau selesai (Pilpres) 2014, ya tentunya kita berdiskusi. Pak Prabowo menyampaikan, 'Sandi bantu saya di Gerindra'. Saya bilang, 'Mas, aduh, sudah deh, saya jadi pengusaha saja bantu dari luar'," cerita Sandi.

Mendengar jawaban tersebut, kata Sandi, Prabowo mempertanyakan seberapa banyak pembukaan lapangan kerja yang dihasilkan oleh grup bisnis Sandi.

Ia pun menjawab grup usahanya telah menghasilkan sekitar 30 ribu lapangan pekerjaan.

Instagram SandiagaInstagram Instagram Sandiaga

Baca juga: Sekjen Ungkap Alasan Gerindra Terima Kembali Sandiaga Uno

Prabowo lantas mengatakan, upaya Sandi membuka lapangan pekerjaan akan bisa berdampak lebih luas kalau Sandi terjun dalam politik.

“Kalau kamu bisa bergabung di politik dampaknya bisa dirasakan jutaan, belasan juta, puluhan juta masyarakat yang diuntungkan. Saya tahu pasti kamu khawatir terhadap politik itu kotor, politik itu sangat memecah belah. Sementara di bisnis kan selalu bangun kolaborasi," cerita Sandi menirukan pesan Prabowo.

Ia pun diyakinkan Prabowo, jika bergabung ke Gerindra akan memiliki kebebasan dalam berkreasi.

Baca juga: Dahnil: Sandiaga Berkomitmen Loyal terhadap Prabowo

Mendengar tawaran Prabowo, Sandi pun berusaha mengelak dan berdalih untuk terlebih dulu mendiskusikannya dengan keluarga.

"Saya inginnya besok bilang 'Wah enggak diizinin keluarga' he-he-he," katanya.

Ternyata keesokan paginya, Sandi memutuskan datang ke rumah ibunya, Mien Rachman Uno.

Saat akan menyampaikan maksud kunjungannya, Mien telah mengetahui niat anaknya untuk meminta izin apakah bisa terjun berpolitik.

Baca juga: Sandiaga: Saya Siap Beri Masukan dari Luar Pemerintahan

Ternyata, Prabowo sudah menelpon ibunya dan Mien mengizinkannya masuk politik.

"Jadi ya singkat cerita itu saya resign dari dunia usaha, saya enggak mau usaha saya masuk dipolitisasi, saya mundur dan saya masuk di politik di tahun 2015," sambungnya.

Diminta keluar oleh Prabowo

Setelah tiga tahun menjadi kader Gerindra, Sandiaga harus melepas keanggotaannya di partai tersebut karena mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

Bahkan, Prabowo langsung yang meminta Sandiaga untuk mundur.

Baca juga: Sandiaga Mundur dari Ketua Tim Pemenangan Gerindra

Menurut Prabowo, hal itu perlu dilakukan agar bisa diterima oleh dua parpol lain yang menjadi koalisi mereka, yakni PAN dan PKS.

Sebab, kesepakatan menduetkan Prabowo dengan Sandiaga diputuskan oleh tiga parpol tersebut.

Jika Sandiaga tidak keluar dari Gerindra, capres-cawapres tersebut berasal dari Gerindra.

Baca juga: Sandiaga Mundur dari Posisi Wagub untuk Jadi Cawapres, Apa Kata Warga?

"Beliau harus diterima partai-partai lain. Saya meminta beliau mundur dari Gerindra, padahal beliau sudah meniti karier di Gerindra cukup lama. Sekarang Wakil Ketua Dewan Pembina," ujar Prabowo.

"Beliau mundur dari jabatan-jabatan itu, mundur dari Gerindra untuk bisa diterima sebagai calon independen," tambah Prabowo.

Kembali ke jalur politik

Sandiaga memutuskan kembai ke dunia politik setelah rangkaian Pilpres 2019 berakhir. Pun menjelang pelantikan Joko Widodo dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Baca juga: Sandiaga Mundur dari Wagub DKI, OK OCE Kehilangan Maskot

Sinyal kembalinya Sandiaga sebenarnya sudah menggaung sejak beberapa bulan lalu.

Warga menunjukkan jarinya yang telah dicelupkan tinta usai memberikan hak suaranya dengan latar poster Calon Presiden - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/4/2019). ANTARA FOTO/Zabur Karuru/wsj.ZABUR KARURU Warga menunjukkan jarinya yang telah dicelupkan tinta usai memberikan hak suaranya dengan latar poster Calon Presiden - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/4/2019). ANTARA FOTO/Zabur Karuru/wsj.

Pada September 2019, anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade menyatakan, Sandiaga akan kembali menjadi kader Partai Gerindra. Peresmiannya dilakukan dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) partainya.

Namun, Andre enggan menjelaskan lebih jauh alasan kembalinya Sandi ke Gerindra. Ia meminta wartawan menunggu Rakernas Gerindra berlangsung.

"Insya Allah dalam Rakernas," kata Andre.

Baca juga: Sandiaga Uno Pastikan Hadir dalam Pelantikan Jokowi-Maruf

Sandiaga sebelumnya juga mengisyaratkan akan kembali ke partai yang dipimpin Prabowo itu. Keputusannya nanti akan ada di Rakernas Gerindra.

"Rencananya saya akan putuskan secara resmi minggu ini, kebetulan ada agenda rakernas dan Pak Prabowo satu dua hari ini akan berbicara," kata Sandi di Jalan Pulombangkeng, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Sandiaga juga akan hadir dalam acara tersebut, sekaligus mengatur pertemuan dengan Prabowo untuk mendiskusikan langkahnya ke depan.

Baca juga: Sandiaga: Saya Lagi Jeda Berpolitik...

Sebetulnya, Sandi mengaku masih ingin beristirahat dari dunia politik. Namun, ia tetap akan bertemu Prabowo untuk mendiskusikan peluangnya kembali ke Gerindra.

Sandi mengungkapkan, usai Pilpres 2019, ia dan Prabowo sempat berbincang mengenai apa yang akan dilakukan ke depan. Namun pembicaraan itu belum menjurus ke peluang kembalinya Sandi ke Gerindra.

Sandi saat ini tengah sibuk dengan berbagai kegiatan sosial seperti menjalankan program di rumah siap kerja untuk memfasilitasi para pencari kerja.

Posisi apa untuk Sandiaga?

Sebelum hengkang dari Gerindra, Sandiaga menduduki posisi cukup strategis di partai tersebut. Terakhir, posisinya adalah Wakil Ketua Dewan Pembina.

Baca juga: Andre Rosiade Sebut Sandiaga Bakal Kembali ke Gerindra

Jika Sandiaga kembali, apakaha posisisnya tetap sama? Atau menggantikan Prabowo sebagai Ketua Umum?

Terkait hal tersebut, Dahnil belum mengetahui posisi apa yang diberikan Prabowo.

Ia hanya memastikan Sandiaga akan tetap loyal ke Gerindra karena menganggap Prabowo sebagai mentor dan guru politik.

Baca juga: Dipanggil Sahabat Karib oleh Jokowi, Sandiaga Merasa Terhormat

"Belum tahu. Pak Prabowo belum bicara itu. Yang jelas Pak Prabowo senang Sandiaga kembali ke Gerindra," kata Dahnil.

"Bang Sandi juga menyatakan bahwa Pak Prabowo adalah mentor politiknya, guru politiknya. Bang Sandi akan tetap loyal ke Gerindra dan Pak Prabowo," tutur dia.

Kompas TV Sandiaga Uno punya cara unik mengumumkan dirinya bergabung kembali dengan partai Gerindra. Di Instagramnya, Sandiaga Uno mengunggah video dengan caption “Saya Kembali” Partai Gerinda pun menyambut baik kedatangan kembali Sandiaga. Sandiaga Uno sebelumnya keluar dari Partai Gerinda saat menjadi Wagub DKI. Sandiaga mundur dari Gerindra untuk maju sebagai Calon Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2019. Sandiaga mengatakan dirinya siap memberi masukan untuk pemerintah dari pihak di luar pemerintahan atau oposisi. #sandiagauno #gerindra
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Pro Jo: Pandangan Kita Masih Sama, Kawal Pak Jokowi sampai 2024

Pro Jo: Pandangan Kita Masih Sama, Kawal Pak Jokowi sampai 2024

Nasional
[POPULER NASIONAL] Ketua Jo-man Kritik Sikap Relawan Jokowi Mirip Calo | PKS Ajak Gerindra Gabung Koalisi Perubahan

[POPULER NASIONAL] Ketua Jo-man Kritik Sikap Relawan Jokowi Mirip Calo | PKS Ajak Gerindra Gabung Koalisi Perubahan

Nasional
Dewan Pers Bentuk Tim Khusus Pengaduan Pemberitaan Pemilu

Dewan Pers Bentuk Tim Khusus Pengaduan Pemberitaan Pemilu

Nasional
Hasil 'Lie Detector'-nya Berbohong, Kuat Ma'ruf: Yang Benar Saya Lah, Itu Kan Robot!

Hasil "Lie Detector"-nya Berbohong, Kuat Ma'ruf: Yang Benar Saya Lah, Itu Kan Robot!

Nasional
BERITA FOTO: Kuat Ma'ruf Mengaku Diminta Ferdy Sambo Berbohong

BERITA FOTO: Kuat Ma'ruf Mengaku Diminta Ferdy Sambo Berbohong

Nasional
RKUHP Disahkan Hari Ini, Berikut 12 Aturan yang Dianggap Bermasalah

RKUHP Disahkan Hari Ini, Berikut 12 Aturan yang Dianggap Bermasalah

Nasional
Hendra Kurniawan Bakal Bertemu Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Sidang

Hendra Kurniawan Bakal Bertemu Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Sidang

Nasional
PPKM Diperpanjang Jelang Nataru hingga 9 Januari, Seluruh Wilayah Level 1

PPKM Diperpanjang Jelang Nataru hingga 9 Januari, Seluruh Wilayah Level 1

Nasional
Tugas dan Fungsi Komisi Nasional Disabilitas

Tugas dan Fungsi Komisi Nasional Disabilitas

Nasional
Apa Itu Komisi Nasional Disabilitas?

Apa Itu Komisi Nasional Disabilitas?

Nasional
Tanggal 8 Desember Hari Memperingati Apa?

Tanggal 8 Desember Hari Memperingati Apa?

Nasional
Koalisi Masyarakat Sipil Ancam Bakal Lakukan Aksi Lebih Besar pada Selasa

Koalisi Masyarakat Sipil Ancam Bakal Lakukan Aksi Lebih Besar pada Selasa

Nasional
Kompolnas Soroti Soal Pelaksanaan Sidang Etik Bharada E, Irjen Napoleon, hingga Irjen Teddy Minahasa

Kompolnas Soroti Soal Pelaksanaan Sidang Etik Bharada E, Irjen Napoleon, hingga Irjen Teddy Minahasa

Nasional
Kuat Ma'ruf Ditelepon Sambo: Ceritakan Apa Adanya, Kita Siap Dipenjara

Kuat Ma'ruf Ditelepon Sambo: Ceritakan Apa Adanya, Kita Siap Dipenjara

Nasional
UPDATE 5 Desember: Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua 74,29 Persen, Ketiga 28,62 Persen

UPDATE 5 Desember: Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua 74,29 Persen, Ketiga 28,62 Persen

Nasional
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.